PEKANBARU - Di hari ulang tahun (HUT) ke-75 Kemenkumham atau disebut Hari Dharma Karya Dhika (HDKD), Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM Riau mengupayakan pelayanan masyarakat dengan menggunakan teknologi digital.

Pantauan GoRiau.com di Kanwil Kemenkumham Riau, pada hari Selasa (27/10/2020). Pihak Kanwil beserta jajarannya mengikuti upacara peringatan HDKD secara daring dan menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Peringatan HUT HDKD yang jatuhnya pada tanggal 30 Oktober 2020 itu, dengan mengikuti edaran Kemenkumham RI, sengaja dirayakan pada hari ini karena pada tanggal 30 itu adalah tanggal merah atau cuti bersama.

Dalam kesempatan ini, Kanwil Kemenkumham Riau mengambil tema "Pelayanan Publik Digitalisasi". Hal itu sesuai dengan yang dicanangkan Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Hamonangan Laoly, dimana pelayanan akan dilaksanakan dengan berbasis teknologi informasi.

Kepala Kanwil Kemenkum HAM Riau, Ibnu Chuldun, mengatakan, bahwa saat ini Kemenkum HAM Provinsi Riau tengah berproses menuju era revolusi digital. Dengan tidak berhenti berinovasi, berbagai aplikasi dan kesisteman harus diperbaiki dan ditingkatkan dengan kecepatan dan akurasi data.

"Saat ini sedang berproses melakukan revolusi digital. Perlu diketahui, dimasa pandemi ini, proses pekerjaan yang selama ini dikerjakan tatap muka. Sekarang sudah melalui sistem online," ujar Ibnu, kepada GoRiau.com.

Selain itu, Ibnu mengatakan dalam mendorong kemajuan era baru sesuai temanya revolusi digita, seluruh kegiatan pelayanan harus berdasarkan kesepakatan bersama.

Di sisi lain di hari ulang tahun HDKD ini, kata Ibnu Kemenkum HAM mengambil maskotnya Burung Merpati. Nama ini, kata dia, memiliki makna yang selalu menepati janji sebagai pejabat struktural.

"Maskot dari simbol tahun ini burung merpati. Artinya tidak pernah ingkar janji. Artinya seluruh ASN dan rekan lainnya, baik yang di pusat dan di wilayah harus tepati janjinya sebagai pegawai pejabat struktural," aku Ibnu.

Setelah ini, Ibnu menuturkan akan lebih bersemangat di era revolusi digital yang sedianya berproses melakukan langkah-langkah strategi untuk mengimplementasikan kebijakan Kemenkum HAM melalui Kementerian Hukum dan HAM.

"Untuk instruksi dan menteri untuk melakukan revitalisasi fungsi kantor wilayah," tutup Ibnu.

Usai menyelenggarakan perayaan HUT Kemenkumham, Kanwil Kemenkumham Riau kemudian membagikan ribuan masker dan vitamin kepada masyarakat. Tujuannya adalah untuk menerangi dan memutus penyebaran mata rantai Covid-19. ***