SIAK - Pelantaran Pentas Siak Bermadah tepatnya di tepian Sungai Jantan dari tahun ke tahun selalu dibanjiri umat muslim yang melaksanakan salat Idul Fitri.

Usai melaksanakan salat Idul Fitri 1439 hijriah, masyarakat Siak pun langsung menghadiri open house di Balai Datuk Empat Suku Komplek Abdi Praja, Siak, Jumat (15/6/2018) pagi.

Telah menunggu di sana Plt Bupati Siak Alfedri serta Istri. Tidak hanya pejabat di lingkup Pemkab Siak saja, masyarakat dari berbagai elemen juga terlihat antusias datang untuk bersilaturrahmi dengan Plt Kepala Daerah Negeri Istana itu.

"Open house yang terbuka untuk umum ini dimulai usia salat Ied sampai masuk waktu shalat jumat dan lanjut sekitar pukul 13.30 hingga sore hari. Dan rutin dilaksanakan setiap tahun," kata Kabag Humas dan Protokol Wan Syaiful Effendi.

Menurut Epoy sapaan akrabnya, kegiatan open house ini telah menjadi tradisi. Selain untuk ajang saling silaturahmi, agenda kegiatan ini juga menjadi salah satu cara menjaga kedekatan antara pemimpin dan masyarakat.

“Tidak hanya sekedar bertemu dan bersalam-salaman. Tetapi juga menjaga silaturahmi dan kedekatan dengan masyarakat. Anak-anak juga terlihat ramai yang berdatangan memeriahkan hari kemenangan ini,” ucapnya.

Mereka kemudian dijamu dengan berbagai makanan yang memang telah disiapkan sebelumnya. Mulai dari tokoh masyarakat, pemuka adat, tokoh agama, politikus, serta warga yang datang tersebut tidak hanya berasal dari kota Siak dan sekitarnya, tapi juga dari seluruh camat dan warganya.

Sebelumnya saat pelaksanaan salat Ied bertindak sebagai Imam H Mukhtar Abdul Karim Imam Mesjid Islamic Center Siak dan Khatib Muhammad Khotbah Arrafie dari Duri.

Pelaksanaan Salat Ied tersebut dikawal 20 personil Polres Siak serta personil Polsek Siak, dan 1 lersonil TNI, 5 personil Satpol PP. ***