PEKANBARU - Mahasiswa Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Lancang Kuning (Unilak) menggelar pameran Gelar Karya Mahasiswa Arsitektur (GKMA) ke 14 di lantai 1 Mall Ciputra Pekanbaru, yang berlangsung dari tanggal 3-7 Juli 2019. GKMA merupakan pameran karya mahasiswa arsitektur Unilak yang telah berlangsung sejak tahun 2005  hingg sekarang.

Tahun ini, 20 karya dengan tema arsitektur hijau, ditampilkan dengan berbagai desain seperti maket gedung, poster, dan maket struktur bangunan, yang merupakan karya dari mahasiswa semester V dan VII sebagai tugas akhir.

Menurut ketua panitia pelaksana, Ryan, mengatakan isu lingkungan menjadi bagian penting dalam pembangunan, dan masyarakat sudah mulai melirik desain desain arsitektur bertema Hijau/lingkungan,

"Kita perlu memahami kesinambungan pembangunan yang memperhatikan kelangsungan lingkungan atau alam," kata Ryan di Pekanbaru, Rabu (3/7/2019).

Rektor Unilak Dr Hj.Hasnati dengan memberikan apresiasi, dan pameran ini patut didukung terlebih telah berlangsung sejak tahun 2005.

"Sudah 14 tahun berlangsung, saya melihat karya yang ditampilkan keren, dan bagus sekali, hal ini perlu kita dukung karena merupakan bagian penting bagi mahasiswa untuk melatih kemampuan, kemahiran, dan profesional," kata Hasnati.

Diharapkan, untuk pelaksanaan kedepan akan mennggelar karya lebih besar dan mampu bekolaborasi dengan fakultas lainya.

Mahasiswa yang ikut dalam gelar karya nantinya setelah setelah lulus mampu berkarya lebih baik dan diterima di dunia kerja.

Acara ini dihadiri oleh wakil dekan III fakultas Teknik Dr.Virgo, Kaprodi Arsitektur Boby Sugara, para dosen dan alumni Unilak.

Rangkaian acara GKAM ini juga menghadirkan bintang tamu Sigid Kurniawan dari Architecture dan Urban desain, serta pakar arsitektur Raditya Muhammad.

Selain itu, pameran juga diisi, dengan perlombaan, live music, dan klinik arsitektur. ***