BAGANSIAPIAPI - Ujian nasiomal berbasis komputer di Bagansiapiapi sempat terhenti karena ulah seekor monyet yang menyebabkan arus listrik terputus. Peristiwa itu terjadi Kamis (4/4/2019).

Peristiwa itu terjadi pada saat ujian mata pelajaran Bahasa Inggris, pukul 07.30 sampai 10.30 WIB. Saat itu, para pelajar sedang asyik mengerjakan soal-soal.

Kepala SMA negeri I Bangko Bagansiapiapi Eva Diana menuturkan, pihaknya sempat brkoordinasi dengan komite sekolah saat kejadian, dan komite menghubungi Kadis Pendidikan Rohil HM Wan Rusli Syarief.S.Sos untuk menanyakan aliran listrik yang mati mendadak.

''Saya berkoordinasi dengan Ketua Komite H Yan Faizal, kemudian ke Kadis Diknas Rohil H Wan Rusli Syarief. Dan Kadis lansung menghubungi pihak PLN,'' ucap Eva Diana Sari Spd.

Ads
Tak hanya sampai disitu saja, Komite Sekolah berkoordinasi dengan Penasehat Komite Sekolah yang juga anggota DPRD Rohil H Rasyid Abizar untuk mencari solusi agar aliran listrik tersebut kembali hidup dan siswa Kelas XII dapat melanjutkan mengerjakan soalan ujian nasional.''Sabar saja, saya sudah menghubungi Manager PT Persero PLN Ranting Bagansiapiapi,saya dapat kabar matinya aliran listrik jaringan ke SMAN I tersebut karena seekor monyet (kera) liar yang tersengat listrik dan tersangkut di kabel, petugas sudah ke sana mengatasi soal gangguan ini,'' terang Rasyid Abizar.

Akibat ulah monyet itu travo 040 milik PT Persero PLN Ranting Bagansiapiapi yang terletak di depan Hotel Kades Bagansiapiapi dan kedai kopi di Jalan Sentosa Kota tersebut putus.

''Kaget saja ada jeritan monyet, tak lama kemudian jatuh dari ketinggian sekitar 20 meter,'' uap Suan (45) yang mengaku sempat melihat kerumuman warga di travo bertegangan tinggi tersebut.

Petugas dengan sigap melakukan perbaikan di travo tersebut. Dan dalam sekejab, listrik kembali menyala. (yan)