PEKANBARU - Universitas Islam Riau (UIR) dan International Islamic University Malaysia (IIUM) melakukan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) dalam bidang pendidikan.

Penandatangan MoU ini dilakukan oleh Rektor UIR Prof Dr H Syafrinaldi, SH, MCL dengan Rektor IIUM Prof Dzulkifli Abdul Razak. Adapun kerjasama dalam bidang pendidikan ini diantaranya yaitu pertukaran staf, pertukaran mahasiswa, penelitian bersama, kerjasama dibidang pendidikan, dan publikasi ilmiah serta beberapa kerjasama lain yang disepakati kedua pihak dalam pembicaraan terpisah.

Prof Dzulkifli Abdul Razak Tan Sri Dato memberikan pandangannya tentang UIR, menurutnya tidak hanya sebagai universitas yang berdiri sejak lama akan tetapi juga memiliki nilai dan tekhnologi.

"Saya merasa tekhnologi yang tersedia di UIR sudah cukup, tinggal lagi bagaimana kita menterjemahkannya supaya berguna bagi masyarakat," kata Dzulkifli Abdul Razak di Pekanbaru, Rabu (20/2/2019).

Ia juga berharap kerjasama ini nantinya dapat ditidak-lanjuti segera, selain untuk meningkatkan ilmu-ilmu baru juga mengimplementasikan ilmu-ilmu yang telah ada.

Kepala Lembaga Pelayanan Tinggi Wilayah I (LLDIKTI) Prof Herri, mengaku bahagia dapat hadir dalam MoU UIR-IIUM. Ia juga mengatakan bahwa IIUM merupakan perguruan tinggi islam yang sangat bagus di Malaysia. Ia juga menyampaikan sebagai rekan hendaknya UIR tumbuh dan berkembang seperti IIUM.

"Hidup ini bukan semata untuk kita melainkan juga bagi masyarakat, perguruan tinggi berkewajiban selain mendidik sekaligus menyelesaikan persoalan dimasyarakat melalui resourches yang dimiliki. Saya bangga Tan Sri telah datang ke UIR, karena itu mari kita manfaatkan sebaik mungkin,'' kata Herri. ***