PEKANBARU – Bank Indonesia (BI) resmi meluncurkan uang rupiah kertas baru tahun emisi 2022 (Uang TE 2022). Uang ini diluncurkan oleh Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo dan Menteri Keuangan Sri Mulyani hari ini Kamis, 18 Agustus 2022 secara virtual.

Peluncuran uang TE 2022 ini turut disaksikan oleh Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar dan Kepala BI Riau, Muhamad Nur di Gedung Daerah Provinsi Riau, Kamis pagi.

Kepala BI Riau, Muhamad Nur mengatakan bahwa peluncuran uang baru ini menjadi wujud komitmen BI untuk menyediakan uang rupiah yang berkualitas dan terpercaya untuk masyarakat Indonesia.

Hal ini juga diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang yang mengatur mengenai kewenangan Bank Indonesia dalam melakukan pengelolaan Uang Rupiah yang meliputi perencanaan, pencetakan, pengeluaran, pengedaran, pencabutan dan penarikan, serta pemusnahan Uang Rupiah.

"Berdasarkan evaluasi dan masukan dari semua pihak, BI memandang perlu untuk dilakukan penguatan terhadap uang yang beredar, yaitu dengan mengeluarkan uang rupiah kertas baru tahun emisi 2022," kata Nur.

Peluncuran uang baru ini, lanjut Nur juga mempertimbangkan tiga aspek inovasi, yaitu desain warna yang lebih tajam, unsur pengaman yang lebih andal, dan ketahanan bahan uang yang lebih baik.

"Desain warna lebih tajam agar semakin dikenali, unsur pengaman lebih andal, semakin sulit dipalsukan, dan ketahanan bahan uang yang lebih baik. Ini yang menjadi dasar Bank Indoneia untuk meningkatkan keandalannya dalam menyediakan uang rupiah," jelasnya.

GoRiau
Untuk diketahui, Uang TE 2022 terdiri atas pecahan uang Rupiah kertas Rp100.000, Rp50.000, Rp20.000, Rp.10.000, Rp5.000, Rp.2000, dan Rp.1000, dengan telaah visual setiap pecahan Uang TE 2022 dalam rincian berikut.

Uang TE 2022 tetap mempertahankan gambar utama pahlawan nasional pada bagian depan, serta tema kebudayaan Indonesia (gambar tarian, pemandangan alam, dan flora) pada bagian belakang sebagaimana Uang TE 2016. ***