NANNING - Tunggal putra andalan Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting memastikan kemenangan tim Indonesia atas Inggris dengan skor sementara 3-0 dalam laga penyisihan Grup B Kejuaraan Bulutangkis Piala Sudirman 2019. Anthony mengalahkan Toby Penty lewat permainan straight game, 21-9, 21-12.

Poin pertama dan kedua didapat dari kemenangan ganda putra Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon dan tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung.

Sejak awal permainan, Anthony sama sekali tak memberikan kesempatan bagi lawan untuk mengembangkan permainan. Ia unggul jauh hingga 8-0 di game pertama.

"Puji Tuhan saya bisa lewati satu match dengan baik, tidak ada kendala. Tentunya senang bisa sumbang satu poin dan menentukan kemenangan untuk Indonesia. Saya merasa mainnya enak dan performanya baik, bisa unggul jauh. Waktu mulai main bisa langsung in, lawan banyak melakukan kesalahan, tadi saya coba banyak adaptasi lapangan," jelas Anthony soal pertandingan.

"Saya tidak menyangka menang mudah, semalam saya lihat video pertandingan dia melawan Anders Antonsen (Denmark), dia bisa main sampai rubber game. Berarti dia nggak mudah dikalahkan, saya sudah antisipasi. Waktu mulai pertandingan, saya coba unggul agak jauh skornya," kata Anthony.

Anthony akan memanfaatkan waktu rehat dua hari sebelum laga melawan Denmark pada Rabu (22/5) mendatang.

"Lawan Denmark nanti mau siapa pun yang diturunkan, mau saya, Jonatan (Christie) atau Vito (Shesar Hiren Rhustavito) akan dikasih tahu Selasa malam. Kalau saya diturunkan lagi, saya siap, mau lawan siapa pun, kalau sudah datang ke sini saya siap saja mau diturunkan atau tidak, tetap siap main. Tidak ada mikir diturunkan atau tidak, pokoknya malamnya berpikir, besok main, besok main," beber Anthony.

"Kalau diturunkan, kemungkinan akan lawan (Viktor) Axelsen, pasti akan lebih berat lagi, nggak akan mudah lawan dia, mau menang atau kalah pasti tidak akan mudah, pasti match-nya ramai. Sekarang sudah selesai, ada waktu buat jaga kondisi dan jaga fokus," tutur Anthony.

Meskipun kemenangan telah dipastikan, namun di babak penyisihan dua partai terakhir juga tetap dimainkan. Bahkan setiap partai punya peranan penting dalam penghitungan poin untuk menentukan urutan di grup. Kemenangan dengan skor sebaik mungkin adalah bekal bagi tim Indonesia. ***