PEKANBARU – Event Tour de Muara Takus 2022 merupakan ajang perlombaan balap sepeda dari sport tourism hingga menjadi ajang promosi wisata daerah khususnya Kabupaten Kampar.

Event yang semula dirancang berskala nasional kini menjadi skala internasional, sehingga event ini akan menjadi momen mempromosikan Kabupaten Kampar lebih luas lagi ke dunia internasional dengan segala potensi yang dimiliki khususnya pariwisata, adat budaya, industri kreatif, hingga UMKM.

Awalnya, event Tour de Muara Takus hanya menargetkan 150 pembalap, namun hingga hari ini sudah mencapai 375 peserta yang mendaftar, berasal dari 20 provinsi dan 44 kabupaten/kota di Indonesia.

Asisten III Setdaprov Riau, Joni Irwan berharap event yang akan berlangsung pada 12-13 November 2022 ini berjalan lancar dan sukses.

Sebelum event digelar, para peserta melakukan technical meeting sekaligus penyerahan racepack dan souvenir Tour De Muara Takus 2022 di Gedung Daerah Balai Serindit, Sabtu (11/11/2022).

"Selain ajang perlombaan, Tour de Muara Takus menjadi ajang untuk memperkenalkan sektor pariwisata di Provinsi Riau kepada wisatawan lokal maupun wisatawan internasional," ujar Joni Irwan.

Melalui event ini, diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap kemajuan dunia olahraga, pariwisata, industri kreatif, dan UMKM di Bumi Lancang Kuning.

Ketua Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI) Provinsi Riau, Syahrial berharap dukungan semua pihak agar pelaksanaan Tour de Muara Takus 2022 berjalan lancar dan menjadi kalender event nasional yang diselenggarakan setiap tahunnya.

"Tour de Muara Takus adalah bagian yang memang dikombinasikan dengan kepariwisataan dan kebudayaan, yang tujuannya memperkenalkan wisata dan budaya yang ada di Riau, serta memberikan andil terhadap pemulihan ekonomi," pungkas Syahrial. ***