PEKANBARU - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menyambut baik usulan dari Pemprov Riau agar pemerintah membangun jalan tol Rengat - Dharmasraya.

Basuki mengatakan hal itu pada rapat koordinasi Percepatan Pembangunan Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Provinsi Riau secara virtual bersama Kemenko Maritim dan Investasi dan Pemprov Riau.

"Usulan ini bagus, karena rute itu jalan keluar dari Sumbar untuk bisa terhubung ke Riau langsung, daripada lewat Pangkalan agak jauh," ujarnya Rabu (28/7/2021).

Basuki mengakui proyek tol Rengat - Dharmasraya nantinya bisa menjadi penghubung Riau dengan Sumbar lewat jalan bebas hambatan.

Gubernur Riau Syamsuar mengatakan pengusulan proyek ini nantinya bisa menjadi jalur alternatif apabila jalan nasional di Pangkalan terganggu.

Selain itu dengan adanya tol, diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi kedua daerah yaitu Riau dan Sumatra Barat, seperti yang sudah berjalan di ruas tol di Sumatra lainnya.

Sebelumnya Pemerintah Provinsi Riau menyatakan dukungannya terhadap usulan pembangunan proyek tol Dharmasraya - Rengat yang diajukan masing-masing pemda kepada pemerintah pusat.

Gubernur Riau Syamsuar mengakui pembangunan jalan tol akan mendorong kemajuan bagi setiap daerah. Oleh karena itu, pihaknya memberikan dukungan agar usulan itu dapat diakomodir pemerintah.

"Kami berharap aspirasi dan usulan pembangunan tol Dharmasraya - Rengat ini dapat didengar oleh pemerintah pusat, sehingga nantinya jalan tol ini akan dinikmati oleh masyarakat di Riau, Sumbar maupun Jambi," ujarnya Jumat (23/7/2021).

Menurutnya gagasan yang diajukan sejumlah pemda kabupaten seperti Dharmasraya, Sijunjung di Sumbar, dan Indragiri Hulu serta Kuantan Singingi di Riau perlu mendapatkan dukungan pemerintah pusat.

Dia menilai dengan adanya jalan tol yang menghubungkan Dharmasraya dengan Rengat, akan mendorong peningkatan ekonomi di daerah yang dilalui jalan tol tersebut, seperti yang sudah dirasakan di proyek tol Pekanbaru - Dumai setelah beroperasi sejak tahun lalu.

Dengan adanya usulan bersama ini diharapkan pemerintah pusat dapat merespons positif, dan memberikan dukungan dalam pembangunan tol yang akan menghubungkan Sumbar dan Riau tersebut.

"Semoga aspirasi bersama antar pemda ini mendapatkan respons positif dan mari bersama-sama mewujudkan rencana ini guna mendorong peningkatan ekonomi masyarakat,'' tutupnya. ***