PEKANBARU – Setiap orang pasti mendambakan hidup yang sehat, jikalau sakit maka kegiatan sehari-hari akan terganggu dan tubuh menjadi tidak semangat. Maka dari itu mahasiswa Kukerta Balek Kampung Universitas Riau (Unri) 2022 Desa Teluk Jira mencanangkan Gerakan Hidup Sehat (Gehat).

Kegiatan tersebut dicanangkan di Balai Desa Teluk Jira, Kecamatan Tempuling, Kabupaten Indragiri Hilir, Riau, Senin (25/7/2022).

Ketua Tim Kukerta Unri Desa Teluk Jira, Miftahurohman Wahid mengatakan bahwa ada tiga kegiatan yang dilakukan dalam Gehat, yaitu makanan olahan dan pemeriksaaan gula darah.

Yang mana, kegiatan ini diawali dengan sosialisasi tentang inovasi produk makanan sehat yang mudah ditemui di sekitar Desa Teluk Jira. Mahasiswa membuat inovasi makanan bunga Telang yang dijumpai mahasiswa di dekat posko RT 01 Surau Nurul Hidayah Desa Teluk Jira.

Lalu, mereka memberikan pudding bunga telang yang sudah dibuat kepada warga.

"Bunga Telang mempunyai banyak manfaat yang jarang diketahui oleh masyarakat, salah satunya yaitu untuk mengontrol gula darah. Bunga Telang ini kami inovasikan menjadi makanan berupa pudding. Jika ingin sederhana, bunga Telang dapat dijadikan teh dengan cara direndam dengan air hangat," kata Miftahurohman Wahid.

Selain bunga Telang, pihaknya juga melakukan sosialisasi tentang daun kelor yang dapat dijadikan makanan olahan seperti stik royco hingga bubur mpasi.

"Daun kelor ini kaya antioksidan dan melancarkan pencernaan, bagus untuk kesehatan," imbuh Haslina Yunida, salah satu anggota Kukerta, yang merupakan mahasiswa Fakultas Kedokteran dan pemateri pada acara Gehat ini.

Kegiatan ini juga mendapat respon positif dari warga.

"Dengan pemeriksaan gula darah ini, saya bisa mengetahui gula darah saya secara gratis. Jadi kami bisa jaga-jaga kalau ada penyakit yang berhubungan dengan gula darah," kata Reni Utari salah satu anggota PKK.

Kemudian, Gehat ini diakhiri dengan senam bersama dengan ibu-ibu PKK Desa Teluk Jira.

"Senam ini diharapkan menjadi rutinitas setiap minggu masyarakat Teluk Jira agar warganya tetap semangat dan sehat. Semua kegiatan Gehat berlangsung interaktif mulai dari sosialisasi hingga senam bersama," tutup Ketua PKK, Siti Mahani. ***