PEKANBARU – Persatuan Tinju Amatir (Pertina) Riau sudah selesai menggelar Kejuaraan Provinsi (Kejurprov). Kejurprov juga dimanfaatkan oleh Pertina untuk melakukan seleksi atlet yang akan diturunkan di Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Tinju di Provinsi Sumatera Utara.

Dalam Kejurnas nanti, ada beberapa nomor yang bakal dipertandingkan, diantaranya kelas senior, elite, yunior, dan youth.

Beberapa orang atlet yang sukses menyabet gelar juara dalam Kejurprov ini tidak langsung dipulangkan kembali ke daerah asalnya, melainkan akan menjalani proses selanjutnya untuk persiapan Kejurnas.

"Atlet akan menjalani latihan di sini (Sasana Marpoyan Damai), dan akan melakukan persiapan dengan pelatih-pelatih," kata Ketua Pertina Riau, Suyadi, Sabtu (30/7/2022).

Lanjut Suyadi, atlet yang mendapat gelar juara di Kejurprov Tinju Riau ini tidak semuanya yang akan dikirimkan ke Kejurnas nanti, namun para pelatih nantinya yang akan menentukan atlet-atlet mana saja yang akan dikirimkan.

Untuk sementara ini atlet yang sudah disiapkan oleh Pertina Riau yang akan dikirimkan ke Kejurnas ada 16 orang atlet.

"Namun ini masih persiapan siapa yang akan dikirimkan, kita gak mau kirimkan atlet yang baru satu ronde udah KO. Dan kita akan kirimkan atlet yang berpotensi membawa medali," ucapnya.

Atlet andalan Riau yang berpotensi membawa pulang medali adalah Ingatan Illahi, atlet tinju asal Kabupaten Kuantan Singingi ini sebelumnya berhasil membawa pulang medali emas dari ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua beberapa waktu yang lalu.

"Potensi atlet Riau sangat besar dan sangat siap ikuti Kejurnas. Kita targetkan bisa bawa 2 medali emas, diluar medali perak dan perunggu," tutupnya. ***