DUMAI - Tim gabungan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), TNI, Polri dan Manggala Agni saat ini terus melakukan pendingan kawasan sisa kebakaran hutan dan lahan gambut di Kelurahan Bangsal Aceh Kecamatan Sungai Sembilan, Kota Dumai, Riau.

"Saat ini, tim gabungan masih bekerja keras mendinginkan titik api, kita masih mengkawatirkan api bisa kembali membakar jika tidak dipastikan padam," kata Afrilagan kepala BPBD Kota Dumai, Selasa, (19/2/2019).

Afrilagan menjelaskan, keadaan lokasi pemadaman jenis tanah gambut dengan semak belukar yang terbakar diperkirakan lebih kurang seluas 18 hektare.

Pemadaman dan pendinginan lokasi dilakukan dengan satu unit mobil Comando BPBD, 4 sepeda motor, 1 pick up Kodim 0320, 2 mesin portabel ministriker dan 1 mesin portable mark 3 dari Manggala Agni.

Pendinginan lokasi bekas kebakaran lahan sendiri dikatakan Kepala BPBD Kota Dumai menggunakan sumber air yang ada di sekitar lokasi lahan milik warga tersebut. "Saat ini, Dumai masih diselimuti kabut asap tapi masih kiriman dari kebakaran lahan di kabupaten Bengkalis, kita berharap penanganan api bisa berjalan baik dan lancar," katanya mengakhiri. ***