MANIALA - Tim Biliar Indonesia kembali sukses mengamankan dua medali dari nomor Pool Bola 9 Ganda Putri. Prestasi cemerlang itu dipastikan dengan lolosnya dua pasangan ganda putri Indonesia yakni duet Fathrah Masum/Nony Krystianti Andilah dan Angeline Magdalena Ticoalu / Silviana Lu ke babak semi final. Mereka berhasil menyingkirkan lawan-lawannya yang sama-sama berasal dari Malaysia di babak perempat final di Hotel Tent Manila, Filipina, Minggu (8/12/2019).

Pasangan Fathrah Masum/Nony Krystianti Andilah lolos lebih dulu setelah mengalahkan Lim Siew Boon / Wong Poi Sei dengan skor telak 7-1. Disusul pasangan Angeline/Silviana yang menyingkirkan Suhana Dewi Sabtu / Klaudia Djajalie dengan skor 7-5.

Bertanding di meja P1 atau TV Table (pertandingan yang disiarkan langsung oleh televisi resmi SEA Games 2019), duet Fathrah/Nony yang baru pertama kali berpasangan langsung unggul cepat 4-0 dalam pertandingan yang menggunakan sistem the best of seven ini.

Pasangan Lim Siew Boon / Wong Poi Se sempat mencuri kemenangan pada game ke-5 dan mengubah skor menjadi 1-4.

Tetapi Fathrah dan Nony kembali memperlihatkan permainan apiknya. Langsung menorehkan tiga kemenangan beruntun. Skor akhir 7-1 untuk kemenangan Fathrah/Nony. Sekaligus memastikan diri lolos ke babak semi final dan mengamankan satu medali untuk Indonesia dari nomor Pool Bola 9 Ganda Putri.

"Ini pertama kali saya berpasangan dengan Fatrah. Dan baru pertama kali merasakan bertanding karena di babak 16 besar kami mendapat bye. Tetapi semua berjalan dengan baik. Kami juga dapat saling mengisi sehingga game plan pun berjalan sesuai rencana. Hanya saja tadi sempat kikuk dengan bentuk meja yang sedikit lebih tinggi dari yang biasa kami gunakan. Tetapi untunglah seiring berjalannya pertandingan kami dapat mengatasinya," kata Nony usai laga.

"Syukur alhamdulillah bisa memenangkan pertandingan dan lolos ke semi final. Senang dan bangga karena dengan kemenangan ini berarti kami sudah mengamankan satu medali untuk Indonesia. Ini juga menjadi sejarah bagi saya karena untuk pertama kalinya setelah empat kali ikut SEA Games sejak 2013 akhirnya saya berhasil meraih medali," timpal Fathrah.

Fathrah dan Nony bertekad untuk berjuang habis-habisan pada laga semi final yang akan berlangsung Senin (9/12/2019).

"Kami senang sudah mengamankan medali. Tetapi kami akan berjuang maksimal untuk mempersembahkan medali terbaik yaitu medali emas. Mohon doa dan dukungan agar kami bisa mengharumkan nama Indonesia di gelanggang biliar SEA Games 2019," pungkas Fathrah.

Sukses Fathrah/Nony berhasil diikuti rekan mereka yakni pasangan Angeline Magdalena Ticoalu/Silviana Lu. Meski sempat kejutkan dengan perlawanan keras dari pasangan Malaysia, Suhana Dewi Sabtu/Klaudia Djajalie, namun Angel dan Silviana akhirnya berhasil menguasai pertandingan dan memetik kemenangan dengan skor 7-5. Sama dengan duet Fathrah/Nony, bagi Angeline/Silviana kemenangan ini juga otomatis mengamankan satu medali lagi dari Bola 9 Ganda Putri. ***