PEKANBARU, GORIAU.COM - Kompetisi Bola Voli Proliga 2014 akan menjadi ajang perebutan piala tetap bagi tiga tim, yakni Popsivo PGN Jakarta (putri), Palembang Bank Sumsel-Babel (putra) dan Jakarta BNI 46 (putra).


Ketiga tim tersebut sudah sama-sama mengantongi dua kali juara sejak kompetisi ini bergulir. "Ada yang menarik pada proliga tahun ini, tiga tim yang sudah mengantongi dua kali juara akan memperebutkan piala tetap," kata Direktur Proliga, Hanny Surkatty saat jumpa pers, Jumat (9/1/2014) di GOR Remaja, Pekanbaru, Riau.


Jika antara tim tersebut kembali juara pada Proliga tahun ini, mereka berhak atas piala tetap dan pihak proliga akan menyediakan piala baru lagi. "Peraturannya kita ambil bukan juara berturut-turut, namun total juara yang telah mereka kantongi," sambung Hanny.


Mengenai waktu pertandingan, Hanny mengakui pelaksanaan Proliga tahun ini cukup sempit dan padat. Rentang waktu pelaksanan yang biasanya memakan 5-6 bulan, kali ini hanya lebih kurang tiga bulan.


Hal ini dikarenakan mengingat tidak bentroknya pertandingan pada 9 April 2014 mendatang yang bertepatan dengan pemilu. Pekanbaru akan melaksanakan putaran pertama pada 10-12 Januari 2014. Kemudian berlanjut di Solo pada 17-19 Januari.


Jakarta mendapat jatah pelaksana putaran ketiga pada 24-26 Januari, berlanjut Malang pada 31 Januari-2 Februari, kemudian Banyungi pada 7-9 Februari, Gresik pada 14-16 Fenruari, Bandung pada 28 Februari-2 Maret dan Yogyakarta pada 7-9 Maret 2014.


Sementara partai final akan dilangsung di Istora Senayan Jakarta pada 16 Maret 2014. Jadi ada delapan daerah yang akan menjadi tuan rumah Proliga 2014 ini. "Jadi waktunya cukup berdekatan karena pertimbangan pemilu pada April mendatang," sambung Hanny.(tri)