JAKARTA - Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) terpilih sebagai Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat periode 2020-2025. AHY terpilih secara aklamasi dalam Kongres V Partai Demokrat di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Ahad (15/3/2020).

Dikutip dari Tempo.co, pada Ahad pagi, sekitar pukul 08.40 WIB, AHY yang didampingi istrinya, Annisa Pohan, mendaftar di meja pendaftaran. Selepas AHY mendaftar, meja pendaftaran itu terlihat sepi.

Politikus Demokrat Jansen Sitindaon, lewat akun Twitter-nya, mengatakan, AHY terpilih atas dukungan bulat 34 DPD dan 514 DPC Demokrat se-Indonesia dalam sidang yang dipimpin EE Mangindaan.

''Pimpinan sidang Bpk EE Mangindaan, memutuskan secara aklamasi mas AHY menjadi Ketua Umum Demokrat periode 2020-2025. Terimakasih pak SBY,'' kata Ketua DPP Demokrat ini lewat akun resmi twitter-nya pada Ahad.

AHY terpilih menggantikan ayahnya, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang memimpin Demokrat sejak 2013.

Setelah diputuskan menjadi ketua umum baru, AHY menerima bendera Partai Demokrat dan mengibarkannya di atas podium. Setelah itu AHY turun dari podium lalu menyalami dan memeluk SBY.

Lebih Cerah

Sebelumnya, saat memberikan sambutan pembukaan kongres, SBY mengatakan yakin Partai Demokrat akan memiliki masa depan yang lebih cerah di tangan para pemimpin baru yang mengemban tugas selama lima tahun ke depan.

SBY juga meyakini bahwa pimpinan baru Partai Demokrat adalah kader-kader yang kapabel, memiliki visi dan kompetensi, setia kepada perjuangan partai, serta punya komitmen yang tinggi untuk membesarkan Partai Demokrat.

''Sebenarnya, ketika para pemimpin baru itu datang, pemimpin-pemimpin lama tidaklah pergi. Kami-kami akan tetap di sini dan berjuang bersama. Justru, partai akan semakin kuat,'' kata SBY.***