JAKARTA - Salah satu terdakwa e-KTP, Irman mengaku dirinya pernah melakukan pertemuan dengan Ketua DPR, Setya Novanto melalui perantara Andi Agustinus alias Andi Narogong.

"Andi tawarkan pada saya kalau berkenan bersama Giharto (Sugiharto), akan dipertemukan dengan SN (Setya Novanto). Dia bilang ini kunci anggaran bukan Ketua Komisi II, tapi SN,” terang Irman dalam persidangan e-KTP, di Tipikor, Jakarta Pusat, Senin (12/6/2017).

Setelah mendengar keterangan dari Andi, Irman bersama Sugiharto akhirnya menggelar pertemuan di salah satu hotel di Jakarta.

“Akhirnya seminggu itu dipertemukan di (Hotel) Grand Mulia. Bu Sekjen Kemendagri Bu Diah juga sudah di lokasi. Sejak saat itu saya tahunya kunci anggaran ada di SN, Ketua Komisi II juga nurut sama SN,” imbuhnya.

Dia melanjutkan, setelah mengobrol biasa, Setnov kemudian pergi. Satu pekan setelah pertemuan tersebut, Andi Narogong kembali menghubungi Irman untuk memfasilitasi pertemuannya dengan Setnov di ruangan Fraksi Golkar.

Dalam pertemuan tersebut, Andi sempat mempertanyakan kelanjutan pembahasan penganggaran e-KTP.

“Pak Nov gimana nih anggaran biar Pak Irman enggak ragu-ragu,” ucap Irman menirukan Andi.

“Ini sedang saya koordinasikan, perkembangannya nanti hubungi Andi,” jawab SN kepada terdakwa megakorupsi e-KTP ini. ***