NAM DINH - Target juara kandas. Tim Nasional U 23 Indonesia gagal melaju ke final setelah dikalah Thailand melalui babak tambahan waktu dengan skor 1-0 pada laga semifinal cabang sepakbola SEA Games 2021 Vietnam yang berlangsung di Stadion Thien Truong, Nam Dinh, Vietnam, Kamis (19/5/2022).

Hasil dicapai pelatih Timnas U 23 Indonesia, Shin Tae-yong yang menjadi bintang iklan salah satu produk kopi itu tidak lebih baik dari Timnas U 23 Indonesia yang diasuh Indra Syafri pada SEA Games 2019 Filipina. Saat itu, Timnas U 23 Indonesia bukan hanya mengalahkan Thailand di babak penyisihan dengan skor 2-0 tetapi meraih medali perak setelah di final kalah dari Vietnam dengan skor 3-0.

Di babak pertama, permainan kedua tim berimbang. Timnas U-23 Indonesia tampil lebih agresif pada sepuluh menit pertama. Beberapa kali serangan dilakukan Fachruddin dan kawan-kawan mampu dikandaskan oleh barisan pemain Thailand. Setelah itu, Thailand mulai menunjukkan permainan terbaiknya. Tim Negeri Gajah Putih itu keluar menyerang.
Di babak kedua, perubahan mulai dilakukan Shin Tae-yong. Strategi yang diterapkan ternyata tak efektif, Thailand malah mengusai permainan pada 45 menit kedua.

Setidaknya ada dua peluang yang diciptakan Thailand. Dua tendangan Ekanit Panya mampu ditepis penjaga gawang Indonesia, Ernando Ari Sutaryadi.

Hasil imbang tanpa gol hingga babak kedua berakhir memaksa perpanjangan waktu 2x15 menit. Tepat pada menit ke-94, Thailand mengejutkan Indonesia. Pemain Thailand, Weerathep Pomphan menjebol gawang Indonesia hasil dari antisipasi bola yang meleset dari bek Indonesia. Timnas U-23 Indonesia harus rela gawangnya kebobolan dan ketinggalan 0-1 dari Thailand.

Setelah unggul, anak asuh Alexandre Polking melakukan sejumlah pergantian, terutama memasukan banyak bek. Hingga tambahan waktu selesai skor tak berubah.

Di pertandingan semifinal lainnya, tuan rumah Vietnam memastikan tiket maju ke final setelah memgalahkan Malaysia dengan skor 1-0. Di final, Vietnam akan menghadapi Thailand sedangkan Timnas U 23 Indonesia akan memperebutkan medali perunggu melawan Malaysia. ***