PEKANBARU - Penghujung tahun 2018 ini, Dinas Pariwisata Riau bekerjasama dengan Forum Pembaharuan Kebangsaan dan Pelaku Ekonomi Kreatif Riau, bakal menggelar sebuah event yang bertajuk Festival Ruang Kita.

Acara ini bertujuan guna mempererat tali silaturahmi masyarakat Riau dari berbagai agama, suku, golongan, bahasa, etnis, budaya. Sekaligus memberikan wadah atau ruang kreatifitas bagi pelajar, seniman Riau, pelaku UKM serta berbagai komunitas lainya.

Hebatnya lagi, acara ini ternyata tanpa menggunakan anggaran dana dari pemerintah alias APBD. Hal ini ditegaskan Ketua panita pelaksana, R Dandun Wibawa saat berbincang dengan GoNews.co, Senin (17/12/2018).

"Iven ini tanpa anggaran dari pemerintah. Jadi murni dari sponsor, yang akan kita buka besok, Selasa (18/12/2018)," ujar Dandun.

"Dengan kondisi keuangan pemerintah saat ini, terpaksa kita menggunakan sumber dana dari beberapa sumber sponsor yang kita dapat," timpalnya.

Dandun Wibawa juga menyampaikan, event ini akan menyajikan berbagai seni pertunjukan, kuliner, pameran bonsai, pameran seni rupa / fotografi, donor darah dan bazar murah. Bertempat di Gedung Anjung Seni Idrus Tintin dan Laman Bujang Mat Syam, Bandar Seni Raja Ali Haji purna MTQ Pekanbaru, tanggal 18 hingga 23 Desember 2018.

"Event ini akan menanmpilkan berbagai seni pertujukan. Terbagi dalam 5 kategori penyajian yakni penyaji VIP, penampilan band, pertunjukan seni SMA dan SMK, aksi seniman Riau (Fedli Azis, KPJ, Beni Riau dan Tasya), dan berbagai atraksi dari 12 komunitas," kata Dandun yang dikenal sebagai Presiden Seniman Jalanan Riau itu.

Ia menjelaskan, pada malam sajian VIP telah dijadwal 10 penyaji ekslusif yakni, Gubernur terpilih, Drs H Syamsuar M,Si, Wakil Gubernur terpilih, M Edi Natar Nasution, Ketua DPRD Riau, Hj Septina Primawati Rusli MM, Kepala Kejaksaan Tinggi Riau, Uung Abdul Syukur, Komandan Lanud Roesmin Nurjadin, Marsma TNI Ronny Irianto Moningka, Kepala Bin Daerah (Kabinda) Riau, Marsma TNI, Rahman Haryadi, Sekda Provinsi Riau, Ahmad Hijazi, Ketua MKA LAM Riau, Al Azhar, Tokoh Masyarakat Riau, Arwin AS, dan Kepala Dinas Pariwisata Riau, Fahmizal Usman.

"Insya Allah,10 para penyaji VIP sudah dijadwalkan akan turut hadir berpartisipasi pada event ini. Setiap penyaji akan medendangkan lagu-lagu favoritnya dan ada juga yang membacakan karya puisinya," jelas Dandun Wibawa.

Adapun penampilan Band Pekanbaru yang bakal turut menghibur adalah, The Brother, The Elevation, Eta Blues, Barang Antik, Eleven Band, Teman Baru, Makarti Band. Kemudian komunitas yang turut ambil bagian pada festival ini yaitu, Tika Pandan, Adi Atang Percusion, Jelajah Zapin, Sanggar Senin Al Azhar, Segara FIB Universitas Lancang Kuning, Sanggat Rumah Citra, BI Productios, Sanggar Seladang, Sanggar Malay, Seri Melayu, komunitas Marching Band, dan Komunitas Budaya Lintas Etnis.

Selanjutnya, pada sajian dari SMA dan SMK, menghadirkan penampilan dari SMK Labor, SMKN 1 Pekanbaru, SMAN 9 Pekanbaru, SMA Cendana, SMAN 1 Pekanbaru, SMK PGRI Pekanbaru, SMA Al Azhar, SMA Dharma Loka, SMAN 8 Pekanbaru, SMAN 7 Pekanbaru dan SMK 2 Pekanbaru. ***