JAKARTA - Dirjen Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif Fakrullah mengakui, layanan administrasi kependudukan belum sepenuhnya membahagiakan masyarakat sehingga jajaran harus terus berbenah meningkatkan layanan.

Melalui program rutin DMM (Dukcapil Menyapa Masyarakat), Zudan dan jajaran Dukcapil pusat serta daerah menyerap aspirasi dan keluhan masyarakat lalu menindaklanjutinya saat itu juga. Dalam serap aspirasi secara virtual yang berlangsung Sabtu (17/7/2021), sedikitnya 2.000 viewers berpartisipasi dan sebagian besar pertanyaan yang disampaikan terkait dengan NIK (nomor induk kependudukan).

"Mudah-mudahan dalam waktu yang tidak terlalu lama bisa kita selesaikan semua, sampai dengan sore hari ini mudah-mudahan selesai semuanya," kata Zudan di penghujung acara sebagaimana disaksikan GoNEWS.co.

Diantara persoalan seputar NIK yang mengemuka adalah; Ketidaksesuaian NIK dengan Nomor KK untuk pendaftaran CPNS; NIK tidak ditemukan atau dipakai orang lain; NIK ganda, bagaimana menyelesaikan dokumen kependudukannya; Mengurus surat keterangan pindah domisili; dan berbagai permasalahan pengurusan akta-akta pencatatan sipil beserta perubahannya.***