SIAK SRI INDRAPURA - Banyak hal ilmu yang diperoleh Tim Penggerak PKK Kabupaten Siak saat mengikuti Jambore Nasional Kader PKK di Jakarta, yang dibuka langsung oleh Mendagri Tjahyo Kumolo. Selain dapat meningkatkan kualitas SDM (sumber daya masyarakat) TP PKK Siak juga akan bantu persoalan kesehatan di masyarakat.

Ketua TP PKK Siak, Hj Rasidah kegiatan jambore yang diikutinya bersama kader PKK lainnya sangat banyak manfaat. Selain meningkatkan kapasitas, wawasan, kegiatan ini sangat memotivasi Kader PKK.

"Bahkan ini sebagai media interaksi dalam menunjang terwujudnya keluarga sejahtera dalam pelaksanaan 10 program pokok PKK," kata Rasidah di Hotel Mercure Ancol, Jakarta, Rabu (25/9/2019) malam.

Disamping itu lanjut Dia, Jambore Nasional ini sebagai wahana untuk saling tukar informasi, berbagi pengalaman dan mempererat silaturahmi dalam bingkai kesatuan dan persatuan yang mengedepankan nasionalisme kebhinekaan.

"Kader PKK dituntut untuk bertugas sebagai agen perubahan di masyarakat. Sebagai penggerak perubahan, para kader PKK diharapkan memiliki cara pikir dan cara pandang ke depan yang visioner, sehingga mampu menghadapi dan memanfaatkan setiap peluang dan tantangan dengan bijak yang sejalan dengan proses pelaksanaan pembangunan. Dan memanfaatkan kecanggihan teknologi dan informasi," katanya.

Selain itu para kader PKK diminta untuk mempersiapkan diri serta memperkuat pelaksanaan di bidang Pendidikan sebagai kunci untuk mewujudkan kualitas SDM.

Tak hanya sektor Pendidikan, PKK juga diminta bisa membantu penuntasan berbagai persolan kesehatan. Seperti masalah stunting, masalah gizi anak, harus menjadi target utama untuk segera ditindaklanjuti secara bersama-sama.

Kemudian bidang ekonomi, penguatan sektor ekonomi kerakyatan seperti UKM untuk menggerakan perekonomian masyarakat melalui pemaksimalan potensi dan sumber daya yang tersedia.

"Sesuai dengan arahan Mendagri Setiap daerah diminta memiliki produk unggulan, baik dibidang pariwisata, kuliner maupun produk UKMnya," imbuh Rasidah. ***