PEKANBARU - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau akan merekrut tenaga pengajar untuk memenuhi kebutuhan guru di daerah-daerah terpencil. Tahun ini, Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Riau pun akan merekrut sebanyak 180 guru PNS sesuai kuota yang disetujui oleh Kemen-PANRB.

Pelaksana tugas harian (Plh) Kepala Disdik Riau, Indra Agus Lukman mengatakan, bahwa beberapa daerah terpencil yang ada di kabupaten dan kota masih kekurangan guru mata pelajaran. Maka dari itu, perekrutan 180 guru PNS tersebut akan dikhususkan bagi guru mata pelajaran saja.

"Sebenarnya kami mengajukan formasi ke pusat itu sebanyak 400 guru. Namun, hanya disetujui 180 guru. Ini yang nanti akan kami tempatkan di daerah yang kekurangan guru, terutama di pesisir," ungkap Plh Kadisdik Riau ini di Kantor Gubernur Riau, Rabu (2/5/2018).

Ia menjelaskan, bahwasanya penambahan guru mata pelajaran ini bertujuan untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) di daerah. Ditambah lagi, tahun ini dari hasil UN terjadi penurunan nilai mata pelajaran matematika.

"Apalagi untuk hasil UN yang telah kami terima ada sedikit penurunan, kedepan inilah yang akan kami tingkatkan dengan menambah guru empat mata pelajaran itu," tandasnya. ***