SELATPANJANG - Dalam beberapa hari belakangan, sejumlah apotek di Kabupaten Kepulauan Meranti mengalami kelangkaan masker alias sulit untuk didapatkan.

Tingkat kerisauan masyarakat di kabupaten bungsu di Riau itu pun semakin tinggi mengingat masker langka disaat wabah Virus Corona melanda Wuhan, Cina dan sudah masuk ke Indonesia. Bahkan, sejumlah warga Riau juga dikabarkan suspect wabah tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kepulauan Meranti, dr Misri Hasanto MKes menegaskan, stok masker di Kepulauan Meranti masih tersedia dan tidak perlu dirisaukan. 

Diakui Misri, pihaknya telah turun ke lapangan untuk melakukan pengecekan atas kelangkaan masker tersebut, selain kerisauan masyarakat tentu hal ini juga menjadi kekwatiran pihaknya.

"Setelah kita lakukan pengecekan di lapangan, kalau di apotik memang terjadi kelangkaan, namun stok masker di Meranti masih cukup dan itu berdasarkan pengecekan gudang di Dinas Kesehatan Kepulauan Meranti," ujar Misri menjawab GoRiau.com, Kamis (5/3/2020).

Dijelaskan Misri, kemarin pihaknya juga sudah melakukan rapat koordinasi dengan berbagai pihak dengan tujuan untuk memastikan kesiapan Kabupaten Kepulauan Meranti dalam mengantisipasi dan menanggulangi penyebaran Virus Corona.

"Rakor tersebut kita lakukan agar seluruh stakeholder instansi terkait tahu apa yang harus dilakukan dan upaya pencegahan penyebaran Virus Corona di Kepulauan Meranti," jelasnya. 

Untuk itu, Misri mengingatkan agar masyarakat khususnya di kabupaten termuda di Riau itu tidak khawatir yang berlebihan yang menimbulkan keresahan, karena pengawasan dan antisipasi sudah dilakukan oleh seluruh instansi terkait.

"Kita minta masyarakat tetap tenang dan jika ada oknum yang tidak bertanggungjawab melakukan penimbunan masker maka pasti akan ditindak sesuai aturan yang berlaku," pungkasnya. ***