PEKANBARU – Tol Pekanbaru - Bangkinang, Riau sudah melewati uji laik fungsi dan akan dioperasikan bulan September ini.

Staf Ahli Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan Kementerian PUPR, Endra S Atmawidjaja mengatakan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan Tol Pekanbaru - Bangkinang akan mulai dioperasikan pada bulan September 2022 ini.

"Di bulan September ini, ada 6 ruas tol yang sudah siap, artinya sudah dilakukan uji laik fungsi," kata Staf Ahli Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan Kementerian PUPR, Endra S Atmawidjaja dilansir tribunpekanbaru.com, Sabtu (10/9/2022).

Dari 6 tol yang akan dioperasikan itu, satu diantaranya merupakan Tol Pekanbaru - Bangkinang sepanjang 31 kilometer. "Nanti tergantung Presiden, apakah akan diresmikan atau tidak," tambah Endra.

Diketahui, Tol Pekanbaru-Bangkinang merupakan bagian dari Tol Sumbar-Riau sepanjang 254,8 kilometer. Tol ini sudah pernah diuji coba saat mudik lebaran Idul Fitri, 1 Mei 2022 silam.

Pengerjaan proyek Tol Pekanbaru-Bangkinang ini beberapa waktu lalu sempat terkendala pembebasan lahan yang masih terus berlangsung hingga bulan Agustus 2022 lalu di Desa Rimbo Panjang, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar. ***