JAKARTA – Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi) berkolaborasi dengan PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk kembali menggelar turnamen catur klasik (standar) bertajuk Japfa Chess Festival XII 2022 di Gedung Serbaguna Senayan, Jakarta, 10-14 September 2022.

Event ini disambut antusias insan catur nasional. Terbukti peserta Japfa Chess Festival (JCF) membludak hingga mencapai 486 yang berasal dari 25 provinsi.

Selain mempertandingkan 12 nomor yang terdiri dari nomor Terbuka, Kelompok umur mulai usia 10 tahun hingga 55 tahun ke atas, JCF 2022 juga menghadirkan Dwi Tarung dua pecatur putra-putri terbaik Indonesia yaitu IM Medina Warda Aulia dan MI Mohamad Ervan melawan pecatur mancanegara.

IM Medina Warda Aulia (elo rating 2374) akan bertanding dengan WGM Gong Qianyun (2275) dari Singapura.

Ketua Umum PB Percasi Grand Master Utut Adianto dalam sambutannya pada acara pembukaan Japfa Chess Festival 2022 menekankan penyelenggaraan festival ini adalah bagian dari perjuangan PB Percasi untuk membina dan melahirkan pecatur-pecatur handal yang bisa bersaing di kancah dunia.

Anggota DPR RI dari PDI Perjuangan ini menyampaikan jadwal kegiatan atau turnamen catur nasional dan internasional bisa dibilang berlangsung sepanjang waktu. Namun yang masih terkendala adalah bagaimana bisa mengirimkan atlet ke berbagai kejuaraan akibat keterbatasan pendanaan.

"Praktis sangat tergantung apakah atletnya datang dari orang tua yang berpunya. Atau dari KONI kabupaten/kota dan provinsi. Begitulah realitanya. Tapi kita tidak boleh meratapi. Harus terus berupaya demi melahirkan atlet berprestasi," ujar Utut.

"Kami sangat beruntung ada orang sebaik Pak Handojo Santosa (pemilik PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk) yang tak henti-hentinya mendukung pembinaan catur," tambahnya.

Utut kembali menekankan keterbatasan yang dihadapi PB Percasi bukanlah penghalang untuk terus bekerja dan berjuang melakukan pembinaan dan menorehkan prestasi.

"Dengan segala keterbatasan kami bersyukur dapat mendukung munculnya pecatur-pecatur muda yang handal. Kita juga akan dorong terus Susanto Megaranto dan Medina Warda Aulia untuk bisa seperti Magnus Carlsen (pecatur terbaik dunia dari Norwegia)," tandasnya.

Pada kesempatan yang sama, Rachmat Indrajaya, Direktur Corporate Affairs PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk mengaku senang melihat animo masyarakat catur nasional yang antusias meramaikan Japfa Chess Festival 2022.

"Japfa Chess Festival 2022 merupakan festival catur pertama yang kita gelar setelah pandemi covid-19. Animo masyarakat luar biasa. Senang sekali Japfa Chess Festival disambut antusias. Mudah-mudahan kolaborasi yang baik dengan PB Percasi yang telah terjalin selama 24 tahun, dapat membuat catur Indonesia lebih berprestasi," tandas Rachmat Indrajaya yang didampingi Vice President Head of Social Investment JAPFA R. Artsanti Alif.

Sementara itu, Menpora Zainudin Amali yang diwakili Plt Sesmenpora, Jonni Madrizal saat membuka secara resmi Japfa Chess Festival 2022 mengapresiasi kolaborasi PB Percasi dan PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk dalam menggerakkan pembinaan olahraga catur di Tanah Air. Jonni Madrizal mengaku salut terhadap komitmen dan konsistensi Japfa dalam mendukung pembinaan catur.

"Terimakasih kepada Japfa yang telah 24 tahun tak henti-hentinya mendukung PB Percasi untuk bisa melahirkan atlet catur berprestasi. Kiranya sumbangsih luar biasa yang telah diberikan oleh Japfa untuk kemajuan olahraga Indonesia khususnya cabang olahraga catur dapat diikuti perusahaan-perusahaan lainnya," kata Jonni Madrizal.

Jonni menyebut terkait pembiayaan memang masih menjadi persoalan dalam menopang pembinaan olahraga. Ada beberapa cabang olahraga yang banyak diminati sponsor. Namun di sisi lain, ada juga cabor yang sudah didorong-dorong untuk bisa mendapatkan sponsor tapi hasilnya belum sesuai harapan.

"Karena itu, sekali lagi saya menyampaikan terimakasih kepada Japfa. Dan dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim Japfa Chess Festival 2022 dibuka secara resmi," ucap Jonni Madrizal. ***