ROKAN HULU - Dalam upaya mensukseskan TMMD ke 105 Kodim 0313/KPR, Koramil 08 Tandun berusaha menciptakan wilayah binaannya bebas dari Karhutla, khususnya Kecamatan Tandun. Makanya aparat penegak hukum, salah satunya Koramil 08 Tandun gencar melakukan kegiatan pencegahan karhutla.

Dandim 0313/KPR Letkol Inf Aidil Amin melalui Danramil 08 Tandun Kapten Inf Saiful Arif mengatakan, pihaknya gencar melakukan langkah antisipasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah tiga kecamatan di bawah binaan Koramil 08 Tandun. Langkah-langkah antisipasi tersebut salah satunya dengan kegiatan patroli hutan dan lahan.

"Kami secara berkala melakukan giat antisipasi karhutla. Kegiatan kami ialah melakukan patroli guna memantau titik-titik api," kata Saiful didampingi oleh Pelda Muksin Dantim 8 Subsatgas 6 Tim gabungan satgas Karhutla Kecamatan Tandun, Kamis (25/7/2019).

Hingga hari ini, lanjut Pelda Muksin, pihaknya belum menemukan titik api di Tandun. Namun, pihaknya tetap mewaspadai berbagai macam hal yang bisa saja terjadi.

"Kami bersama para Babinsa yang tergabung dalam satgas gabungan antisipasi akan terus melakukan sosialisasi larangan karhutla kepada masyarakat di Tandun. Baik itu melalui dialog, pemasangan spanduk ataupun patroli hutan dan lahan yang sering kami lakukan secara rutin," lanjutnya.

Muksin menambahkan, pihaknya juga sangat mengapresiasi masyarakat Tandun.

"Kami sangat mengapresiasi masyarakat bahwa sampai saat ini belum ditemukan titik api di Kecamatan Tandun akibat kebakaran hutan dan lahan," ungkapnya.

Ia menambahkan, bahwa kegiatan patroli memang rutin dilakukan para Babinsa, bisa dilakukan menggunakan motor tetapi apabila menemukan medan yang susah dilalui kendaraan bermotor, terpaksa berjalan kaki.

"Tentunya kalau dilakukan dengan berjalan kaki dapat dijadikan sarana olahraga untuk menjaga kesehatan," tandas Muksin. ***