PEKANBARU – Pembangunan Sekolah Tinggi Sains Quran (STSQ) Riau Al Munawwarah, Tenayan Raya, Pekanbaru, mendapatkan dukungan banyak pihak. Kelak, STSQ ini diharapkan dapat melahirkan calon sarjana maupun ulama-ulama berbakat di masa depan.

Demikian harapan-harapan ini disampaikan oleh Ketua Umum Yayasan Riau Al Munawwarah Rusli Effendi saat memberikan kata sambutan dalam acara peletakan batu pertama pembangunan STSQ Riau Al Munawwarah oleh Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar dan tokoh masyarakat Riau, pada Senin (20/6/2022) sore.

GoRiau
"Islam sangat mengendepankan ilmu pengetahuan, inilah yang mendorong kami untuk membangun sekolah tinggi sains quran di Riau. Dengan harapan, generasi qurani berbakat di Riau dapat menjadi ulama besar seperti Ustaz Abdul Somad atau UAS," kata Rusli.

Lokasi pembangunan sekolah tinggi ini memang berada di dalam kebun, namun lokasi ini cukup strategis karena di kelilingi sejumlah pondok pesantren. Serta, berada tak jauh dari Komplek Perkantoran Tenayan, Kantor Walikota Pekanbaru.

"Sekolah tinggi ini siap menampung semua lulusan dari pondok pesantren yang ada di Riau. Nantinya di sekolah tinggi ini akan dibuka prodi quran hadist, teknik perminyakan, dan IT Terapan," kata Rusli.

Sementara itu, Prof Dr Saktiyoto berharap, kelak STSQ Riau Al Munawwarah dapat mencontoh kesuksesan sekolah sains quran seperti yang ada di Sudan dan Wonosobo Jateng.

"Semoga STSQ Riau Al Munawwarah ini nantinya dapat menghasilkan generasi rabbani yang memiliki pengetahuan tentang Al-Quran dan mengaplikasikan ilmu yang diketahuinya dalam kehidupan, serta mengajarkan kepada masyarakat dari ilmu yang diketahuinya. Seperti yang ada di Wonosobo dan Sudan," harapnya.

Masih di tempat yang sama, Gubri Syamsuar menyatakan sangat mengapresiasi upaya Rusli Effendi untuk membangun STSQ Riau tersebut. Menurutnya pembangunan sekolah tinggi ini juga menjadi salah satu upaya untuk mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) di Riau yang berkualitas mengerti sains dan teknologi dan juga memahami Al-quran.

"Mudah-mudahan apa yang dihajatkan ini diberikan kemudahan oleh Allah. Mari kita bersyukur dan mari kita bersama membangun kampus ini sebaiknya," ucapnya.

Ia juga berharap agar para generasi muda bukan hanya mempelajari ilmu pengetahuan sains dan teknologi saja, namun juga Al Quran yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

"Diharapkan (yang belajar di STSQ Riau Al-Munawwarah) dapat memahami isi kandungan alquran dan dapat diterapkan dalam kesehariannya. Ini tentunya akan membawa keberkahan tersendiri bagi Riau juga. Mudah-mudahan negeri kita ini dijauhkan dari bala musibah," harapnya.

Diakhir sambutannya, Gubri mengajak masyarakat Riau untuk ikut berpartisipasi dalam pembangunan STSQ Riau Al-Munawwarah ini melalui infaq atau wakaf.

"Kami mengajak kepada masyarakat Riau semua mari kita ikut berpartisipasi dalam pembangunan ini sehingga kita mendapatkan pahala dari Allah yang setimpal sesuai amal ibadah kita," ungkapnya. ***