JAKARTA - Anggota Komisi XI DPR Anis Byarwati, menggelontorkan bantuan Rp 741.410.000 kepada masyarakat terdampak pandemi Covid-19 di wilayah DKI Jakarta.

Bantuan tersebut dikonversi dlam bentuk alat pelindung diri (APD), bahan pangan, bingkisan lebaran, dan panganan untuk berbuka puasa selama Ramadhan.

"Bantuan itu berupa 2.795 paket sembako yang dibagikan dalam lima tahap, 2.450 pcs masker kain untuk masyarakat, 2.500 pcs masker medis untuk tenaga kesehatan, 25 galon dan 500 botol hand sanitizer, 15 Galon disinfektan, 5 Buah penyemprot disinfektan, 261 paket bingkisan lebaran, 302 juta rupiah bantuan tunai dan donasi buka puasa sebesar 5.5 juta rupiah," kata Anies di Jakarta, Selasa (19/5/2020).

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini mengungkapkan, pandemi Covid-19 merupakan ujian besar bagi dunia, tak terkecuali bangsa kita. Dampak kesehatan, sosial dan ekonomi dirasakan betul oleh masyarakat terutama kalangan menengah ke bawah. Korban dari penyebaran virus ini terus meningkat.

Selain korban terdampak langsung secara kesehatan, korban yang terdampak tidak langsung jauh lebih banyak. Korban terdampak tidak langsung terutama dari sisi ekonomi. Kelompok rentan dengan penghasilan harian yang dimasa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) kehilangan mata pencaharian, menjadikan kelompok warga miskin melonjak tajam.

Menurut Anis, dirinya ikut turun tangan membantu masyarakat terdampak pandemik covid-19, sebagaimana instruksi Fraksi PKS, agar membantu masyarakat dengan emmberikan bantuan bahan pangan pokok, serta alat kesehatan, alat pelindung diri (APD) dan berbagai kebutuhan medis kepada tenaga kesehatan, serta pembagian masker untuk masyarakat.

"Kondisi pandemik ini terasa berat untuk kita semua. Dengan berbagi seperti ini, kita bisa saling menguatkan dengan sesama anak bangsa," ujarnya.

Anis menambahkan, spirit Ramadhan yang dijalani hendaknya kita manfaatkan untuk meningkatkan kepedulian kita untuk berbagi dengan mereka yang membutuhkan.

Hingga 18 Mei 2020 pukul 20.00 WIB, tercatat sudah tersalurkan bantuan senilai Rp 741.410.000,- dari Anggota DPR daerah pemilihan Jakarta Timur ini.

Anis menegaskan bahwa gerakan bantuan kemanusiaan yang disalurkan melalui para relawan ini, akan terus hadir selama pandemik masih menghantui warga. "Agar masyarakat tidak merasa sendiri menghadapi situasi berat ini," tambahnya.

Dia menegaskan, tugasnya sebagai wakil rakyat adalah berjalan bersama rakyat dan memberikan pembelaan terhadap masyarakat yang membutuhkan.***