SELATPANJANG – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau kembali melaksanakan kegiatan PWI Goes To School dengan menyasar pelajar SMA/SMK sederajat di wilayah setempat.

Setelah mengunjungi SMA Negeri 1 Tebingtinggi Barat beberapa waktu lalu, kini kegiatan sosialisasi jurnalistik tersebut berlanjut di SMA Negeri 2 Tebing Tinggi.

Diikuti puluhan siswa, kegiatan PWI Goes To School di SMA Negeri 2 Tebingtinggi berlangsung di Aula Sekolah, Jalan Handayani, Senin (27/5/24).

Ketua PWI Kepulauan Meranti, Safrizal diwakili Seksi Bidang Pendidikan, Masnur mengatakan kegiatan PWI Goes To School ini bertujuan untuk memberikan pemahaman maupun pelatihan jurnalistik di lingkungan sekolah khususnya kepada pelajar.

"Selain itu, juga sebagai upaya kaderisasi, sehingga adik-adik siswa-siswi yang bercita-cita ingin menjadi penulis, sejak dini telah mendapatkan pengetahuan seputar jurnalistik," ujar Masnur.

Untuk itu, dia berharap siswa-siswi yang dilibatkan sebagai peserta bisa mengikuti kegiatan ini dengan baik. Terutama disaat penyampaian materi oleh narasumber.

"Jika ada yang kurang paham atas apa yang disampaikan, jangan sungkan untuk bertanya. Dengan demikian, semakin banyak pula ilmu yang didapat," pesan Masnur.

Kepala Sekolah SMAN 2 Tebing Tinggi, Haryuniati, melalui Wakil Kepala Sekolah (Wakepsek) Bidang Kesiswaan, Sumaryatno, menyambut baik kedatangan PWI dengan program Goes To School tersebut.

Menurutnya, program PWI yang digadang-gadang sebagai program unggulan tentu dapat menambah minat baca serta pemahaman siswa terhadap dunia jurnalistik.

"Nanti, saat pemateri memberikan pemahaman tentang jurnalistik. Saya harap siswa yang hadir dapat aktif dan menyimak apa saja hal-hal yang harus diperhatikan dalam penulisan sebuah berita," kata Yatno.

Kegiatan selanjutnya diisi dengan penyampaian narasumber dari PWI Kepulauan Meranti, yakni Syamsidir. Dalam pemaparannya, dia menjelaskan bahwa pengetahuan tentang jurnalistik tidak semata-mata mengacu pada penulisan berita saja. Diperlukan pemahaman seperti Kode Etik Jurnalistik, UU No 40 tentang Pers, dan pemahaman lainnya agar berita yang dihasilkan dapat menjadi berita yang layak untuk diterbitkan.

"Pada kunjungan kali ini, kami hanya menjelaskan secara garis besar apa-apa saja yang perlu kalian ketahui didalam dunia jurnalistik," beber Syamsidir.

Syamsidir juga menyampaikan tentang teknik penulisan berita, baik itu straight news maupun feature. Dia mengaku senang dengan antusiasme para pelajar dalam mengikuti kegiatan tersebut. Menurutnya, ini menunjukkan keingintahuan mereka tentang jurnalistik.

"Kami senang dengan keaktifan siswa/siswi bertanya seputar dunia jurnalistik. Menunjukkan rasa ingin tau terhadap dunia jurnalistik itulah tujuan kami," ungkapnya.

Diakhir sesi, salah seorang siswi Kelas X, Juwiras Utari, memberikan respon positif terhadap kegiatan Goes To School tersebut. Katanya, program ini sangat bagus karena mampu memupuk minat pelajar agar semakin tertarik dalam membaca berita.

"Harapan kami, kedepannya kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan dapat tersalurkan ke seluruh Sekolah SMA/SMK yang ada di Kabupaten Kepulauan Meranti," ungkap siswi itu. ***