TELUKKUANTAN – MAN 1 Kuantan Singingi (Kuansing) kembali mengharumkan nama Riau di kancah nasional. Kali ini, prestasi diukir pada ajang Kompetisi Sains Siswa Muslim Indonesia (KOSSMI) 2024 yang dilaksanakan FMIPA Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta.

Adalah Asdhy Alkhalif Ardy yang sukses mengukir prestasi pada KOSSMI diadakan pada 26 - 27 Mei 2024. Anak dari pasangan Herry Yusman dan Sumaini ini berhasil meraih prediket honorable mention di Bidang Biologi.

"Alhamdulillah, bisa bersaing di tingkat nasional. Tentu ini menjadi motivasi bagi saya untuk terus belajar hingga mengukir prestasi lebih tinggi. Terima kasih doa dan dukungan dari orangtua, guru dan teman-teman," kata Asdhy melalui sambungan selulernya, Senin (27/5/2024).

Selain Asdhy, pelajar MAN 1 Kuansing yang meraih prediket yang sama adalah Nurul Ulya bidang Geografi.

Lenni Zahara SAg, Wakil Kepala Bidang Akademik MAN 1 Kuansing menyatakan sangat bangga dengan prestasi yang dicapai siswanya.

"Sangat senang dan bangga sekali atas prestasi yang mereka raih, karena sudah mencapai level nasional," kata Lenni.

Ia berharap, ke depan akan lebih banyak siswa yang mendapatkan kesempatan memperoleh medali di pelbagai kompetisi.

"Semoga ini menjadi inspirasi bagi siswa lainnya. Tentunya kami berharap lebih banyak siswa mendapat kesempatan dan mampu meraih medali, terutama medali emas," kata Lenni.

Prestasi yang diukir siswa ini tidak terlepas dari pembinaan yang dilakukan MAN 1 Kuansing. Dimana, MAN 1 Kuansing punya kelas olimpiade untuk sembilam bidang studi yang dilombakan.

"Mereka sudah punya jadwal yang diprogramkan setiap harinya, untuk menghadapi lomba. Mereka disediakan waktu khusus dengan bimbingan guru sesuai bidangnya," kata Lenni.***