TELUKKUANTAN - Satu pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19 di Kuantan Singingi (Kuansing) Riau meninggal dunia. Pasien berinisial tuan DD, 45 tahun merupakan warga kecamatan Kuantan Tengah.

''Tuan DD masuk ruang pinere RSUD Teluk Kuantan pada Rabu malam pukul 21.00 WIB. Namn pada Kamis pagi, sekitar pukul 08.15 WIB, tuan DD meninggal,'' ujar Juru bicara gugus tugas penanganan covid-19 Kuansing, dr Amelia Nasrin, Kamis (7/5/2020).

Pengambilan sampel swab sudah dilakukan dan pemakaman dilakukan sesuai protokol covid-19.

Dijelaskan, saat masuk RSUD, tuan DD dengan keluhan demam, batuk berdahak sesak nafas yang berat sejak dua hari terakhir. Dan sebelum masuk ke RSUD Teluk Kuantan, dua pekan lalu DD sudah berobat ke praktek spesialis penyakit dalam di Pekanbaru dengan keluhan demam, badan kuning dan diberi obat dan tidak dirawat.

DD sendiri diketahui berprofesi sebagai sopir travel yang sering ke luar kota. Dengan tambahan ini, sudah lima PDP Covid-19 di Kuansing meninggal dunia.

Saat ini, RSUD Teluk Kuantan sendiri merawat tiga PDP. Hanya rumah sakit ini rujukan penanganan covid-19 di Kuansing.

PDP atas nama tuan J, 55 tahun, warga Logas Tanah Darat. Kondisi tuan J yakni penurunan kesadaran, demam tinggi, sesak napas dan batuk berdahak. Tuan J sebelumnya dalam pengobatan sakit jantung dan diabetes.

Pada 3 April, ia berobat ke sebuh rumah sakit swasta di Pekanbaru dan ditetapkan sebagai PDP. Tapi saat itu keluarga pasien menolak dirawat dan pulang paksa. ''Sampel swab tuan J sudah kita ambil,'' katanya.

PDP lainnya yakni nyonya SA, 42 tahun, warga kecamatan Hulu Kuantan. Pihak RSUD Teluk Kuantan sedang menunggu hasil swab.

PDP lainnya yakni nonya S, 36 tahun, warga Kecamatan Pucuk Rantau. Pihak RSUD Teluk juga masih menunggu hasil swab. ***