JAKARTA - Para ahli terus berupaya agar Indonesia memiliki vaksin virus Corona/Covid-19 sendiri. Upaya ini juga menjadi bagian dari presentasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) kepada DPR RI, Selasa (12/5/2020) lalu.

Sementara itu, sebagian pihak beranggapan bahwa upaya untuk menciptakan vaksin yang tepat, membutuhkan langkah memurnikan virus terlebih dahulu agar dikenali dengan pasti jenis virus Corona/Covid-19 yang ada di Indonesia.

Pentingnya pemurnian virus, sebatas catatan GoNews.co, dimulai dari pernyataan Dr Kaufman dalam wawancara dengan media publik Amerika, London Real. Di Indonesia hal itu juga dikonfirmasi oleh Mentalis, Deddy Corbuzier kepada mantan Menkes Siti Fadilah Supari dalam sebuah podcast yang berujung polemik.

Tak mudahnya menemukan vaksin yang tepat untuk menanggulangi pandemi virus Corona/Covid-19 di Indonesia, juga menjadi perhatian Wakil Ketua DPR RI, Aziz Syamsudin.

Kepada wartawan, Kamis (28/5/2020), Aziz menyatakan, "Selama dunia belum menemukan obat atau vaksin untuk Covid-19, kita mungkin harus menyesuaikan diri dengan, 'New Normal Life'. Cara baru untuk hidup dan menjalani kehidupan, pekerjaan, dan interaksi kita dengan orang lain dengan tetap mematuhi anjuran Protokol Kesehatan,".

Mengenai seberapa penting Indonesia memurnikan virus Corona/Covid-19 sendiri, Aziz berujar pada GoNews.co, "Ya legislatif support penelitian-penelitian dari pemerintah dalam upaya menemukan vaksinnya,".

Bagaimanapun, sebagai Pimpinan Parlemen Indonesia bidang Koordinator Politik Hukum dan Keamanan, Aziz berharap rakyat Indonesia bisa menjalani masa 'New Normal' yang ditetapkan pemerintah nanti, dengan sikap adaftif dan inovatif dalam pakem protokol kesehatan yang diberlakukan.***