Pekanbaru - SMP Juara Pekanbaru, melalui LSU nya mengikuti kegiatan workshop konseling kreatif guru bimbingan konseling SMP/MTS/SMA/SMK/MA se-Provinsi Riau. Workshop ini dilaksanakan di hotel Mayang Garden yang ditaja oleh MGBK SMA/SMK/MA kota Pekanbaru. 

Materi workshop langsung diisi oleh Drs.  Untung Rivai,  M. Pd.  Kons, salah seorang guru BK dari Surabaya dan juga sebagai praktisi tramatik yang bergabung dengan Unicef.

Aktivitasnya yang padat ini, membawanya untuk banyak belajar dari pengalaman dan pelatihan-pelatihan baik dari dalam dan luar negeri yang ia ikuti. Hal inilah yang mengantarkan bapak Untung begitu pangilan kesehariannya menemukan gaya konseling kreatif.

Konseling kreatif yang dibawakannya sangat menarik, sehingga membuat peserta tidak merasa bosan atau menambah masalah baru. Ia punya cara-cara yang unik dan menarik dalam mengkonseling siswa atau klien yaitu dengan cara memadukan game-game yang ada di daerah setempat, selain kearifan lokal yang diangkat ia juga mengkombinasikan dengan Sefter.

Menariknya, pada workshop ini, Untung Rivai langsung mempraktikkan dengan membawa sembilan siswa-siswi SMA 8 dalam memperagakan teknik konseling kreatif. Dimulai dengan lemparan bola, puisi, memecahkan masalah dengan media kayu serta gerakan-gerakan yang menyenangkan. Dari pragaan langsung ini, dapat dilihat bahwa anak-anak sangat menikmati setiap sesinya.

Diakhir sesi workshop, Untung Rivai, juga memberikan teknik pelepasan emosi dengan cara Sefter yang dikombinasikan dengan musik Melayu. Kegiatan ini sangat dinikmati oleh semua peserta yakni guru BK dari berbagai sekolah yang ada di Riau. Smoga workshop ini dapat meningkatkan kompetensi guru bimbingan konseling seprti tujuan yang diharapkan.rls