PEKANBARU, GORIAU.COM - Sukses membangun dua fly over yang mampu mengatasi kemacetan di jalan Sudirman, Pekanbaru, Riau ternyata menginspirasi pemerintah untuk membuat fly over ketiga di jalan Soekarno Hatta - Tambusai tepatnya simpang Mall SKA. Pemprov Riau dan Pemko Pekanbaru sudah sepakat untuk bekerjasama membangun fly over lewat sharing budget.


Penambahan fly over di Mall SKA ini nantinya diharapkan bisa mengatasi kemacetan yang terjadi di Kota Pekanbaru.


Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Pekanbaru, Dedi Gusriadi yang dihubungi wartawan, Sabtu (6/10/2012) mengatakan, rencana tersebut tertuang dalam hasil kesepakatan rapat tim Pemprov dan Pemko beberapa waktu lalu.


''Benar, rencananya sudah ada. Fly over ketiga dibangun di persimpangan Jalan Tambusai - Soekarno Hatta,'' katanya.


Pemilihan lokasi ini, tambahnya, karena kawasan Mall SKA Pekanbaru, selalu terjadi kemacetan, dan pembangunanya akan direncanakan tahun 2014 mendatang.


Pembangunan akan menggunakan anggaran sharing antara antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau dan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru.


''Rapat gabungan beberapa waktu lalu dihadiri Dinas Pekerjaan Umum Riau, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Riau dan Dishubkominfo Kota Pekanbaru. Hasilnya sepakat untuk membangun fly over di kawasan Mall SKA Pekanbaru," ujarnya.


Anggaran pembangunan berasal dari APBD Riau tahun 2014. Sementara anggaran yang dari pihak Pemko Pekanbaru hanya sebatas pembebasan lahan di sekitar kawasan. Di tahun 2013 terlebih dahulu akan dilakukan penyusunan Detailed Engineering Design (DED). (dri)