JAYAPURA -- Sekitar 10 orang anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) menyerang prajurit Paskhas TNI AU di Bandara Amenggaru, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua, Jumat (19/2/2021).

Penyerangan oleh KKB terjadi saat sejumlah prajurit Paskhas sedang melakukan tugas pengamanan di Bandara tersebut.

Dikutip dari Kompas.com, Kabid Humas Polda Papua, Kombes AM Kamal, menuturkan, penyerangan tersebut terjadi sekirar pukul 09.20 WIT. 

''Sekitar pukul 09.20 WIT di Ilaga, tepatnya di runway Bandara Ilaga terjadi penembakan terhadap rekan-rekan Paskhas yang sedang melakukan pengamanan Bandara,'' kata Kamal, Jumat.

Setelah mendapat laporan tentang penyerangan itu, segera personel Polres Puncak segera menuju lokasi kejadian dan bergabung dengan personel keamanan lainnya untuk melakukan pengejaran.

Dalam pengejaran itu, aparat berhasil menembak seorang anggota KKB hingga tewas. Identitas anggota KKB tersebut masih didalami aparat, sedangkan jenazahnya sudah dibawa ke rumah sakit.

''Kontak tembak cukup lama karena dari ujung runway mereka (KKB) lari ke atas bukit. Kelompok ini jumlahnya antara lima sampai sepuluh orang,'' kata Kamal.

Ia memastikan, tidak ada anggota aparat TNI-Polri yang menjadi korban dalam kejadian tersebut.

Saat ini, kontak senjata sudah berhenti dan aparat keamanan masih melakukan pengejaran.

''Saat ini, personel gabungan masih melakukan pengejaran tapi sudah tidak ada kontak senjata. Kejadian berlangsung sampai 2,5 jam,'' kata Kamal.***