PEKANBARU - Daihatsu mengajak belasan jurnalis menjajal kenyamanan dan test drive All New Xenia dengan berkeliling Kota Pekanbaru, Riau, Sabtu (11/12/2021). Yang mana, All New Xenia memang menjadi salah satu model terpopuler yang diluncurkan pada bulan November lalu.

Kepala Cabang PT Astra International Tbk-Daihatsu Cabang Pekanbaru Sudirman, Saulius Farlyan mengatakan test drive All New Xenia ini diadakan serentak se Indonesia bersama kantor pusat.

"Test drive ini serentak se Indonesia dan kami sengaja mengajak teman-teman jurnalis untuk bisa merasakan langsung berkendara dengan All New Xenia. Kami ingin teman-teman jurnalis merasakan apa saja sih perubahan yang signifikan yang sudah diberikan terhadap All New Xenia yang belum lama kami launching," kata Saulius.

GoRiau
Satu diantara perubahan yang dimaksud Saulius adalah perubahan dari sisi transmisi. Awalnya dari transmisi penggerak roda belakang, diubah menjadi ke depan. Itu ternyata implikasinya ada banyak ke hal positif. Ini awalnya yang sempat diragukan, karena belasan tahun Xenia malang melintang dikategorikan mobil sejuta umat, tiba-tiba berani melakukan suatu keputusan yang memindahkan ke penggerak roda depan.

"Jadi salah satunya itu adalah terkait efisiensi bahan bakar. Kami tahu dengan mengurangi panjang transmisi atau media transmisi yang tadinya engine di depan, diteruskan ke penggerak roda belakang, tapi itu ditiadakan. Jadi langsung dari engine ke penggerak roda depan. Selain itu juga adalah efisiensi bahan bakar yang lebih baik. Dengan efisiensi bahan bakar yang lebih baik, tentunya pasti akan menurunkan pajak karbon. Kemudian yang lain juga, dengan menggeser penggerak roda belakang ke penggerak depan, otomatis dek bawahnya bisa diturunkan. Karena diturunkan itu kami mendapatkan kabin yang lebih lapang. Sehingga kenyamanan bertambah," sebutnya.

GoRiau
"Diharapkan dengan lahirnya All New Xenia, kita bisa semakin siap menghadapi persaingan dan bisa semakin banyak merebut hati para konsumen Daihatsu yang ada di Riau," imbuhnya.

Kepala Cabang PT Astra International Tbk-Daihatsu Cabang Pekanbaru Panam, Subono Lot To menambahkan All New Xenia hadir dengan 2 pilihan mesin 1.3L dan 1.5L berteknologi NR-VE Dual VVT-i, serta transmisi CVT, membuat All New Xenia memiliki performa bertenaga, responsif, akselerasi yang halus, dan efisiensi bahan bakar lebih baik.

"Dalam hal keselamatan, All New Xenia juga dilengkapi fitur keamanan spesial tertinggi dan pertama di kelasnya, yaitu Daihatsu A.S.A (Advances Safety Assist)," ujar Subono Lot To.

Tak hanya itu, All New Xenia juga dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan lainnya, seperti Antilock Brake System (ABS) & Electronic Brakeforce Distribution (EBD), HSA (Hill Start Assist), VSC (Vehicle Stability Control), ESS (Emergency Stop Signal), dan Dual Airbag.

Pada sisi keamanan, All New Xenia juga menyematkan fitur Window Jam Protection, Immobilizer, serta Rear parking Camera & 360 degrees Around View Monitor untuk memudahkan visibilitas pengendara saat bermanuver mundur.

Dengan lampu LED yang modern, serta polished alloy wheel yang sporty, membuat All New Xenia tampil futuristik. All New Xenia memiliki kabin dan bagasi yang luas, 3 baris kursi fleksibel yang bisa disesuaikan menjadi "sofa mode" untuk memaksimalkan posisi istirahat penumpang ketika dalam perjalanan jauh.

"Instrumen panel didesain untuk memberikan keleluasaan jarak pandang dalam berkendara, dan dilengkapi dengan tampilan head unit bertipe floating yang modern," ujarnya.

All New Xenia juga handal dikendarai di berbagai kondisi jalan. Dengan ground clearance setinggi 205 mm, serta radius putar sejauh 4,9 meter, membuat Xenia semakin mudah dalam bermanuver saat berkendara.

GoRiau
Lanjut Subono, All New Xenia tersedia dalam 12 varian yakni 1.3 M M/T, 1.3 X MT, 1.3 X CVT, 1.3 R MT, 1.3 R MT ADS, 1.3 R CVT, 1.3 R CVT ADS, 1.5 R MT, 1.5 R MT ADS, 1.5 R CVT, 1.5 R CVT ADS, dan 1.5 R CVT ASA.

"Soal harga, All New Daihatsu Xenia di Pekanbaru dipasarkan dengan harga mulai Rp 194.300.000 untuk varian terendah hingga Rp 246.100.000 untuk varian tertinggi," pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan Jurnalis Test Drive Sales Supervisor Astra Daihatsu Cabang Sudirman, Harun Ar Rasyid, Sales Supervisor Astra Daihatsu Cabang Panam, Azri Syahreza serta beberapa karyawan yang ada di dua dealer tersebut. ***