PANGKALAN KERINCI - Setelah dipastikan PPDB tingkat SD tidak terjadi persoalan, maka Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Pelalawan akan memastikan seluruh tamatan SD dapat melanjutkan sekolah SMP.

Plt Kepala Disdik Kabupaten Pelalawan, M Djalal melalui Kepala Bidang SMP Anton Timur Jaelani, Kamis (4/7/2019) mengungkapkan, tak ada kendala pada PPDB tahun ini.

"Tak ada masalah PPDB tahun ini, tertib sesuai dengan zonasinya," jelasnya.

Anton mengungkapkan, pendaftar yang agak membludak ada di SMPN 1 Pangkalan Kerinci. Dimana daya tampung SMPN 1 ini hanya 350 siswa, sementara pendaftar 700 lebih.

"Caranya nanti tanggal 5 Juli 2019 pengumuman, kita langsung lakukan perluasan zonasi. Dimana bagi yang tidak diterima di SMPN 1 Pangkalan Kerinci, bisa mendaftar misalnya di SMPN 2 dan SMPN 3 Pangkalan Kerinci," paparnya.

Lanjut Ketua PGRI Kabupaten Pelalawan ini, penilaian terhadap peserta didik baru itu hanya untuk 2 aspek saja yang paling utama. Yakni jarak terdekat dengan sekolah dan nilai siswa terkait.

"Masalah perluasan zonasi ini sudah kita koordinasikan dengan sekolah-sekolah SMPN di Pangkalan Kerinci. Pendaftaran dimulai tanggal 5 Juli 2019," imbuh Anton.

Dijelaskannya, daya tampung PPDB tingkat SMP di Pangkalan Kerinci terdiri dari SMPN 1 Pangkalan Kerinci sebanyak 11 rombongan belajar (rombel), SMPN 2 Pangkalan Kerinci 6 rombel, SMPN 3 Pangkalan Kerinci 6 rombel.

"Sementara SMPN Bernas sebanyak 5 rombel dan SMPN 4 yang di Bukit Agung sebanyak 2 rombel," tandasnya, kepada GoRiau.*