SIAK SRI INDRAPURA - Banyak produk-produk kerajinan dan makanan yang dipamerkan pada Bazar ekonomi kreatif Tour de Siak 2019 di lapangan Siak Bermadah tepatnya dengan Turap Tepian Sungai Jantan.

Bazar yang dibuka secara resmi oleh Sekda Siak H Tengku Said Hamzah pada Rabu (18/9/2019) ini diikuti oleh 14 Kecamatan se Kabupaten Siak, Dekranasda Siak, gabungan pelaku UKM, dan sekolah berwawasan kewirausahaan.

"Bazar ini akan berlangsung selamanya 5 hari dan saat penutupan Tour de Siak nanti juga akan diumumkan stand yang menjadi pemenangnya. Dimana PT Persi menjadi sponsor untuk hadiah pemenang ini," kata Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Kabupaten Siak, Drs Wan Fazri Auli MSi.

Wan Fazri ingin pelaku UMKM melakukan promosi dan penjualan secara langsung selama iven balap sepeda internasional ini. Tentunya, ini akan meningkatkan pendapatan para pengrajin dan UMKM yang ada di Kabupaten Siak ini.

"Manfaatkan momen ini sebagai sarana promosi produk-produk unggulan kita. Dengan demikian, produk akan semakin dikenal banyak orang dan tentunya akan meningkatkan pendapatan masyarakat," sebutnya lagi.

Dalam kesempatan yang sama juga, Sekda Siak H Tengku Said Hamzah sangat bangga, karena iven yang sama ini sudah berjalan selama 7 tahun berturut-turut. Ia juga mengajak masyarakat untuk turut berpartisipasi menyemarakkan pelaksanaan Tour de Siak 2019 beserta rangkaian kegiatan lainnya.

"Kegiatan ekonomi yang bertujuan untuk memberikan ruang seluas-luasnya kepada para pelaku dan UKM memanfaatkan peluang usaha. Tentunya bazar ini diharapkan menarik dan meningkatkan minat masyarakat Kabupaten Siak memperkuat dan meningkatkan intensitas kegiatan ekonomi melalui perdagangan dan jasa," kata Sekda.

Dalam waktu yang bersamaan juga, Sekda membuka lomba fotografi selama Tour de Siak 2019 yang ditandai dengan sesi pemotretan yang langsung dilakukannya. Foto yang dilombakan ini diharapkan mampu mengekspresikan kemegahan, keindahan alam dan beragam potensi pariwisata di Kabupaten Siak. ***