PEKANBARU - Anggota Komisi III DPRD Kota Pekanbaru, Zulkarnain mengingatkan Dinas Pendidikan dan pihak sekolah untuk betul-betul mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan sekolah tatap muka di tahun 2021 nanti.

Sebagaimana diketahui, Kementerian Pendidikan sudah memutuskan untuk membuka kembali sekolah tatap muka di awal tahun 2021 dengan beberapa persyaratan.

"Kita mengacu pada peraturan menteri, tapi kita lihat dulu kondisi zonanya, kalau zonanya masih merah kita tidak setuju kalau sekolah tatap muka diberlakukan," ujar Ketua DPC PPP Pekanbaru ini, Rabu (16/12/2020).

Kemudian, legislator Dapil Sail - Tenayan Raya ini meminta pihak sekolah betul-betul mengawasi anak muridnya, dan juga membatasi jumlah murid. Misalnya, jumlah murid 100 orang, diatur supaya tidak belajar sekaligus.   

"Siapkan juga alat-alatnya seperti tempat cuci, penyemprotan disinfektan. Wali murid juga harus memberi pengertian kepada anak-anaknya," tambahnya.

Lebih jauh, Zul menghimbau supaya masyarakat terus menerapkan protokol kesehatan, apalagi pemerintah sudah memberikan beberapa kemudahan, seperti izin kerumunan namun dengan batasan tertentu.

"Kan sudah ada aturan maksimal berapa orang dalam suatu pertemuan, kita imbau untuk terus menerapkan protokol kesehatan, hal-hal yang tidak begitu mendesak, perayaan yang tidak penting ya di tunda dulu dan jangan konvoi-konvoi," tuturnya.

"Ini merupakan antisipasi kita, kalau kita bisa disiplin dan menahan diri, insyaAllah penyebaran ini bisa kita tekan dan mudah-mudahan tahun 2021, orang yang terkonfirmasi tinggal satu satu saja. Jadi, intinya adalah pencegahan," tutupnya.***