PEKANBARU - Wali Kota Pekanbaru, Firdaus mengatakan sekolah tatap muka secara terbatas, berdasarkan aturan Kemendikbud sudah bisa digelar untuk wilayah yang menerapkan PPKM level 3. Menurutnya, Pemko Pekanbaru akan mengevaluasi kebijakan tersebut sebelum dilaksanakan.

Sementara itu, Firdaus mengatakan sebelum masuk sekolah, maka guru dan siswa harus segera untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19. Hal ini agar keamanan kesehatan di lingkungan sekolah dapat terjaga.

"Guru, iya (harus vaksin, red), murid juga iya. Tapi bisa lebih longgar," ujarnya, Selasa (7/9/2021).

Oleh karena itu, ia berharap agar guru yang sebelumnya tertunda untuk mendapatkan vaksin, dapat memeriksakan dirinya kembali. Ia juga berharap agar anak-anak diutamakan dalam vaksinasi.

"Guru, yang kemarin ada komorbit agar segera divaksin mana yang sudah bisa. Kita juga utamakan untum anak-anak," jelasnya.

Namun, Firdaus mengakui bahwa saat ini kendala vaksinasi adalah terbatasnya jumlah vaksin yang tersedia. Bahkan sejumlah warga harus terlambat mendapatkan dosis kedua.

"Maka tadi kita buat edaran, agar di posko, camat, lurah, dinas teknis, dan tim khusus di bawah koordinasi pak Sekda langsung agar mengutamakan vaksin kedua dulu," pungkasnya. ***