DUMAI, GORIAU.COM - Sehari jelang berakhirnya tahun 2013, ternyata serapan anggaran keuangan Pemerintah Kota Dumai, baru mencapai sekitar 85 persen atau sebesar Rp 1,016 triliun.

Kepala Administrasi Keuangan pada Setdako Dumai Harman kepada GoRiau.com, Selasa (31/12/2013) mengatakan, serapan anggaran terbesar terdapat dalam kegiatan pembangunan fisik yang dilakukan pemerintah.

''Dari total anggaran Rp 1,045 triliun, sudah terserap sebanyak hampir 85 persen di seluruh satuan kerja di lingkungan Pemkot Dumai,'' katanya.

Dijelaskan Harman, jelang memasuki awal tahun 2014, Rabu besok, pihaknya sejauh ini masih melayani progres penyerapan anggaran berbagai satker. ''Serapan anggaran masih kita layani hingga hari ini, karena besok sudah masuk awal tahun baru,'' ujarnya.

Harman menerangkan, penggunaan APBD tahun ini didominasi oleh sejumlah pekerjaan fisik multiyears dengan nominal anggaran mencapai puluhan miliar rupiah. Diantaranya, pembangunan infrastruktur drainase di sejumlah kawasan dengan alokasi anggaran mencapai kurang lebih sekitar Rp 20 miliar. Kemudian, proyek multiyears penambahan bangunan ruang rawat inap dan tempat tidur di rumah sakit umum daerah (RSUD) Dumai yang dianggarkan sekitar belasan miliar rupiah tahun ini.

''Mudah-mudahan hingga akhir tahun, serapan anggaran bisa dioptimalkan demi kelancaran proses pembangunan dan pelaksanaan tugas pemerintah,'' harapnya. (egy)