BANGKINANG - Dalam waktu dekat, puluhan masa jabatan kepala desa di Kabupaten Kampar, Riau akan berakhir. Sebelum Desember 2019 sudah dilaksanakan pemilihan.

Dari keterangan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kampar, Febrinaldi Tridarmawan kepada GoRiau.com, Selasa (18/6/2019), ada sebanyak 54 desa di Kampar akan melakukan Pilkades. 

Namun Kepala Dinas PMD Kampar ini tidak merinci kepala desa mana saja yang masa jabatannya berakhir dalam waktu dekat. Dan desa mana saja yang melakukan pemilihan. 

"Ada sebanyak 54 desa yang akan melakukan Pilkades, karena masa jabatannya akan berakhir 2019.  Pemilihannya sebelum Desember 2019 sudah terlaksana agar bisa dilakukan pelantikan di akhir tahun ini,'' jelasnya. 

Ads
Selain itu, terkait pencairan Anggaran Dana Desa (ADD), Febrinaldi menyebutkan bahwa pihaknya sudah mengajukan untuk pencairan kepada BPKAD Kampar. Namun ADD sebagian desa di Kampar tersebut sudah cair sebelum lebaran Idul Fitri 1440/H 2019/M lalu. 

"Kalau ADD sebagian sebelum lebaran Hari Raya Idul Fitri kemarin sudah cair. Dan yang belum cair insyaallah akan cair secepatnya,  karena kita sudah mengajukan ke BPKAD,'' ungkapnya. 

Sebelumnya salah seorang kepala desa mengaku membayar gaji perangkatnya seperti gaji kaur, kepala dusun, ketua rt dan ketua rw pakai uang pribadinya. ***