ROKANHILIR - Pembangunan Sistem Penyedia Air Minum (SPAM) Durolis (Dumai, Rokan Hilir, Bengkalis), dikerjakan 2017 lalu, tahun inindiharapkan bisa dirasakan oleh masyarakat. SPAM Durolis ini dibangun pada tiga kabupaten di Provinsi Riau.

Kepala Dinas Pekerjaan Uumum dan Perumahan Rakyat Provinsi Riau, Ir Dadang Eko Purwanto MT kepada GoRiau.com, Selasa (18/6/2019), bahwa tahun ini air bersih dari SPAM Durolis bisa dirasakan sebagian masyarakat Kabupaten Rokan Hilir (Rohil).

"SPAM Regional Durolis merupakan proyek strategis Pemerintah Propinsi Riau dalam penyediaan air minum. Sebagian masyarakat Rohil di Seremban, Karya Mukti, Tanjung Melawan sebanyak 8.000 KK tahun ini diharapkan bisa menikmati aor bersih ini. Tahun 2021 akan dilakukan ke Dumai dan Bengkalis," kata Dadang.

Gubernur Riau, Drs H Syamsuar MSi disela-sela kunjungan kerjanya ke Dumai dan Rohil menyempatkan diri melihat perkembangan SPAM Regional Durolis di Rohil. Syamsuar berharap, dalam waktu dekat masyarakat audah bisa menikmati air bersih.

"Memang belum menyeluruh bisa dinikmati. Tapi kita berharap masyarakat Kota Dumai, Kabupaten Rohil dan Bengkalis bisa segera menikmati air bersih dari SPAM Durolis," ungkap Syamsuar.

Syamsuar juga mengingatkan masyarakat untuk menjaga bangunan dan pipa yang sudah ada secara bersama-sama. Karena pembangunan SPAM Regional Durolis menyedot anggaran yang cukup besar.

"Jangan sampai besinya hilang. Karena contohnya sudah ada di Pekanbaru," ungkap Syamsuar.

Pembangunan SPAM Regional Durolis ini nantinya akan menghasilkan air bersih sebanyak 400 liter per detik dan bisa dinikmati sekitar 40 ribu Kepala Keluarga (KK). ***