PEKANBARU - Mengingatkan kembali pentingnya kebersihan kabin pesawat untuk kenyamanan penumpang, PT Garuda Indonesia cabang Pekanbaru bersama tim menggelar Aircraft Cleaning Campaign Garuda Indonesia Group, Selasa (1/8/2017) malam.

Dalam kegiatan ini, para pimpinan Garuda Indonesia Group, terdiri dari General Manager Garuda Indonesia cabang Pekanbaru, Executive Manager Gapura Hospitality, General Manager Aerofood ACS, General Manager GMF Aeroasia serta General Manager Citylink dan jajaran manajemen Garuda Indonesia Group turun langsung membersihkan kabin pesawat Garuda.

Pantau GoRiau.com di Bandara Sultan Sarif Kasim (SSK) II Pekanbaru, sekitar pukul 22.00 WIB itu, kegiatan kampanye kebersihan yang ditaja Garuda Indonesia Group setiap setahun sekali dan digelar serentak di seluruh bandara di Indonesia ini, para pimpinan, manajemen serta awak Garuda Indonesia Group membersihkan seluruh kabin pesawat mulai dari kursi hingga bagasi dan berlangsung selama 60 menit.

General Manager Garuda Indonesia cabang Pekanbaru, Agung Nugraha mengatakan, kegiatan ini sebagai bentuk upaya untuk mengingatkan kembali kepada tim serta para awak Garuda Indonesia Group tentang pentingnya kebersihan dalam memberikan kenyamanan sebagai pelayanan utama dari Garuda Indonesia.

"Kita mengingatkan kembali bahwa kebersihan itu tanggungjawab bersama tim Garuda Indonesia Group, meski pembersihan kabin (interior) dan badan (eksterior) pesawat merupakan tugas dari GMF Aeroasia. Karena kebersihan merupakan hal terpenting dari sebuah maskapai penerbangan," kata Agung kepada GoRiau.com.

"Ditambah lagi, sejak 18 Desember 2014 silam, Garuda Indonesia dinobatkan sebagai maskapai terbaik dan masuk kategori maskapai bintang lima di dunia dan hanya ada tujuh maskapai yang bisa dinobatkan, kita salah satunya. Kebersihan kabin dan kenyamanan penumpang menjadi hal utama yang harus tetap dijaga, agar Garuda Indonesia tetap bertahan," paparnya saat ditemui di lounge Garuda Indonesia di Bandara SSK II, Selasa tadi malam.

Dijelaskan Agung, untuk saat ini di Bandara SSK II Pekanbaru, pihak maskapai penerbangan, khususnya Garuda Indonesia hanya bisa melakukan pembersihan pada bagian kabin pesawat saja. Sedangkan untuk badan pesawat hanya bisa dilakukan di bandara tertentu, salah satunya di Jakarta.

"Karena untuk membersihkan badan pesawat harus dilakukan dengan teliti dan menggunakan peralatan serta bahan (sabun) khusus. Area untuk membersihkan badan pesawat pun harus steril dan saat ini di Bandara SSK II Pekanbaru belum bisa dilakukan," terangnya.

Masih kata Agung, kegiatan Aircraft Cleaning Campaign Garuda Indonesia Group akan rutin digelar setiap tahunnya, dan tak hanya Garuda Indonesia saja. "Beberapa maskapai lainnya juga kita ajak untuk kampanye kebersihan ini," pungkasnya.***