JAKARTA - Turnamen Sepakbola Piala Presiden 2019 sudah berjalan selama beberapa hari. Hasilnya, mendapatkan animo yang cukup bagus dari publik. Hal itu bisa dibuktikan dengan jumlah penonton yang datang di stadion dan rating televisi.

Pada beberapa pertandingan babak penyisihan grup yang melibatkan tuan rumah, jumlah penonton yang datang ke stadion, angkanya melebihi 20 ribu. Sementara khusus untuk rating televisi, ada yang mencapai 24,5 %.

“Sejauh ini piala presiden sudah beberapa kali digelar dan selalu berlangsung aman, lancar dan sukses. Ketua SC, Bapak Maruarar Sirat juga mengharapkan bahwa penyelenggaraan tahun ini juga aman, lancar, dan sukses. Baik penyelenggaraan, transparansi dan akuntabilitasnya,” jelas Brigjen Pol Lotharia Latif, anggota steering committee Piala Presiden 2019.

Untuk membuat jalannya turnamen berlangsung aman dan lancar, lanjut Brigjen Pol Lotharia Latif, pihaknya akan melakukan pengawasan secara penuh. Termasuk dalam hal pelaksanaan teknis penyelenggaraan pertandingan.

“Untuk kegiatan fair play sendiri, kami melalui tim OC kepada Panpel juga kami meminta kepada wasit jangan takut ditekan, jangan takut diintimidasi dan dipengaruhi. Jadi laksanakan sesuai tugasnya, profesional. Demikian klub juga, pemain dan pelatih,” tambah pria yang keseharianya menjabat sebagai Direktur Polair Korpolairud Baharkam Polri ini.

Lebih lanjut, Brigjen Pol Lotharia Latif juga menjelaskan gelaran Piala Presiden 2019 akan sama visinya dengan edisi sebelumnya. Piala Presiden 2019 merupakan kegiatan yang menumbuhkan ekonomi kerakyatan.

“Setiap pertandingan Piala Presiden juga diumumkan secara trasparan berapa jumlah tiket. berapa jumlah penonton, berapa asongan, berapa pedagang kaki lima. Selain hiburan ini juga bisa menggerakan ekonomi rakyat itu sendiri. Itu sesesuai dengan tujuan Piala Presiden yang sesuai arahan bapak presiden,” beber Brigjen Pol Lotharia Latif usai pertemuan anggota Steering Committee (SC) yang dipimpin langsung oleh ketuanya, Maruarar Sirait pada Senin, 4 Maret 2019.