SIAK - Lalai dalam menerapkan protokol kesehatan dapat menyebabkan semua orang terdekat kita ikut Terkonfirmasi Covid-19. Seperti yang diduga satu keluarga di Kecamatan Bungaraya, Kabupaten Siak, Riau. 

Pasien 997 positif Covid-19 di Siak, Ny MA (34) kini bersama suami, serta anak-anaknya termasuk yang masih bayi 7 bulan menjalani perawatan medis di RSUD Tengku Rafian Siak. Tidak hanya itu, tenaga kesehatan yang kontak dengan MA juga terkonfirmasi positif Covid-19. 

"Pada penambahan 12 orang kasus hari ini, ada balita usia 7 bulan. Kontak erat dengan MA. Tidaknya bayi itu, Tn FM (34) serta anaknya LLF (5), NRA (16) dan NWA (19) juga positif covid-19," kata Wakil Satgas Penanganan Covid-19 Siak, Budhi Yuwono, Kamis (22/10/2020).

Budhi berharap masyarakat tidak cuek lagi dengan protokol kesehatan ini. Sebab selain dari Kecamatan Bungaraya, penambahan kasus covid-19, Kamis (22/10/2020) ini juga ada yang berasal dari Kecamatan Siak. Mereka yaitu, Ny. DR (36) dan Ny. S (50). Sedangkan yang dari Mempura, An. MS (12) dan Ny. S (50).

"Artinya virus yang tidak nampak oleh mata ini sudah sangat dekat dan ada disekitar kita. Makanya jangan lagi mengabaikan masker, selalulah mencuci tangan setelah memegang sesuatu," kata Budhi. 

Hingga kini ada 1.040  warga Siak yang terkonfirmasi positif Covid-19.  Mereka diantaranya 77 dirawat, 839 sehat dan sudah dipulangkan, Isolasi Mandiri 100, dan 24 orang meninggal dunia.

"Saat ini yang dirawat di RSUD Siak saja sudah 28 orang. Semua ruangan penuh sehingga yang lainnya diisolasi di Asrama Haji sebanyak 36 orang. Sedangkan untuk yang di Tualang itu, Isolasi Mandiri di Mess Perusahaan/Rumah 100 orang," kata Budhi.

Terakhir, untuk sekian kalinya Budhi menegaskan kembali kepada seluruh lapisan masyarakat kabupaten siak agar tingkatkan kewaspadaan lakukan pembatasan fisik (physical distancing). 

"Walaupun tidak sakit, belum tentu orang yang kita temui itu negatif covid-19 dan tidak menyebarkan virusnya. Maka pilihan yang terbaik adalah tetap di rumah dan hindari keramaian," imbuhnya.  

Bila harus keluar, kata Budhi, gunakan masker kain, rutin mencuci tangan (lebih efektif mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir dibandingkan hand sanitizer), Jaga pola hidup sehat, makan buah dan sayuran, berolahraga rutin serta konsumsi vitamin yang cukup," katanya. ***