BENGKALIS- Memasuki Ramadan ke-13, Pemerintah Kabupaten Bengkalis melanjutkan rangkaian safari Ramadan. Kali ini kegiatan keagamaan dalam rangka menghidupkan rumah Allah tersebut, dipusatkan di masjid Al Hidayat, Desa Teluk Rhu Kecamatan Rupat Utara, Senin malam (28/5/2018).

Selain berada di tengah pemukiman warga, masjid yang dibangun sekitar tahun 1970 dan kini berusia 48 tahun itu, lokasinya juga dekat dari pantai Teluk Rhu. Hanya beberapa meter saja dari bibir pantai yang lautnya berbatasan langsung dengan perairan internasional Selat Malaka.

Di masjid dekat pantai itulah, usai menggelar salat tarawih delapan rakaat kemudian ditutup dengan witir tiga rakaat, Bupati Bengkalis Amril Mukminin menyerahkan berbagai bantuan. Seperti, penyerahan zakat mal Bupati Amril sebesar Rp15 juta dan santunan untuk anak 30 orang yatim piatu dan 20 orang kaum dhuafa.

Bupati juga menyerahkan bantuan papan informasi masjid/jam digital waktu shalat (2 buah) dan Alquran (100 buah) untuk masjid Al Hidayat Teluk Rhu dan Masjid Jamik Al-Muttaqin Desa Tanjung Punak.

Ads
Selanjutnya, turut diserahkan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) dari Bank Riau Kepri untuk rumah ibadah sebesar Rp30 juta. Masih program CSR Bank Riau Kepri, diserahkan 200 paket sembako yang penyerahannya oleh Ketua TP PKK Kabupaten Bengkalis, Kasmarni Amril.

Sedangkan melalui kegiatan di Dinas Sosial (Dinsos), Bupati juga berkesempatan menyerahkan santunan untuk 20 orang anak yatim, 40 orang kaum dhuafa, dan 10 orang lansia yang diterima secara simbolis oleh Amira Zunika, M Rafa Fadilla dan M Rafenda. Sedangkan penerima simbolis kaum dhuafa adalah Arinah, Asiah dan Aris. Khusus Lansia, simbolis diterima oleh Jaamat, Saodah dan Ahmad Mukhtar.

Tidak ketinggalan, Badan Amil Zakat Kabupaten Bengkalis ikut juga berbagi dengan menyerahkan bantuan untuk delapan orang, penerima berasal dari Desa Teluk Rhu. Mereka adalah Lindawati, Asmah, Atan, Dearasti Manurung, Yah, Yusnah, Zalina dan Zulina.

"Sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT., mari kita sisihkan sebagian rezeki untuk menyantuni anak yatim dan kaun dhuafa, berinfaq dan bersedekah. Kemudian, jangan lupa membayar zakat, karena sebagian hasil yang kita dapatkan, ada hak orang lain di dalamnya,” ajak Bupati Amril, ketika memberikan sambutan.

Saat menyerahkan bantuan, Bupati Bengkalis didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Bengkalis Kasmarni Amril, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkalis H Jumari, Ketua Baznas Kabupaten Bengkalis H Ali Ambar, Ketua Dewan Dakwan Islam Indonesia Muhammad Subli, dan Camat Rupat Utara Agus Sofyan.*** #BENGKALIS