PEKANBARU, GORIAU.COM - Seperti saat keberangkatan, ribuan jamaah haji Riau akan kembali ke Tanah Air secara bertahap. Dari 9 kloter yang diberangkatkan, kloter pertama yang diisi Pekanbaru dan Kuansing akan tiba pada Sabtu (11/10/2014), di Bandara Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau.


Sementara sisanya akan menyusul setiap harinya. Kedatangan rombongan jamaah haji Riau akan berlangsung hingga 19 Oktober 2014 mendatang. Demikian disampaikan Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Riau, Aziz.


"Teknisnya seperti biasa, seluruh jamaah haji yang datang akan diarahkan dulu ke asrama haji di Batam sambil menunggu barang-barang bawaan sampai," kata Aziz.


Nantinya di asrama juga akan dibagi-bagikan air zam-zam untuk jamaah. Namun untuk tahun ini, sudah ditetapkan masing-masing jamaah haji hanya mendapatkan jatah 5 liter air zam-zam.


"Jadinya semuanya sama. Biasanya pada tahun-tahun sebelumnya, jamaah yang berangkat menggunakan maskapai Garuda Indonesia hanya mendapat jatah 5 liter, sementara maskapai Arab Saudi mendapat 10 liter air zam-zam," terang Aziz.***