PEKANBARU - Mengusung tema besar menembus batas, RS Awal Bros Panam, Riau, mengisyaratkan sebuah pesan penting. Bahwa pengelolaan pelayanan kesehatan merupakan sebuah amanah penting dalam pelayanan yang diberikan rumah sakit yang harus mengedepankan standar pelayanan mutu kesehatan tertinggi, yaitu Akreditasi Internasional.

Akreditasi yang diterima oleh RS Awal Bros Panam ini merupakan sejarah penting bagi manifestasi kesehatan di Indonesia, khususnya di Riau. Akreditasi ini merupakan pengakuan dunia Internasional, sehingga dapat meningkatkan kepercayaan publik pada sistem pelayanan kesehatan di Indonesia.

Terbukti RS Awal Bros Panam merupakan RS kelima yang terakreditasi Internasional dari delapan rumah sakit yang telah mendapat sertifikasi yang sama. RS Awal Bros Panam merupakan satu-satunya rumah sakit swasta Pertama di Indonesia yang meraih predikat Internasional.

Hal tersebut dikatakan, Direktur RS Awal Bros Panam, dr Mutiara Arcan MARS kepada GoRiau.com melalui press rilis, Senin (5/8/2019). Akreditasi merupakan jaminan kualitas yang efektif bagi setiap organisasi kesehatan dan sangat dirasakan oleh pasien, keluarga dan pengunjung.

"Akreditasi berstandar internasional yang diperoleh dari evaluator, yaitu Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS). Dimana KARS adalah lembaga salah satu evaluator kesehatan yang telah berlisensi atau berafiliasi dengan IsQua (satu-satunya lembaga independen non profit yang mengakreditasi badan akreditasi)," kata dr Mutiara.

Sejak berdirinya 2014 lalu, diungkapkan dr Mutiara, RS Awal Bros Panam telah mengedepankan isu penting yang dipahami oleh seluruh karyawan, yaitu mengutamakan keselamatan pasien. Tahun 2015, direalisasikanlah mengikuti akreditasi dan mendapat sertifikasi Paripurna (Bintang Lima) dan tahun 2019 meraih capaian tertinggi yaitu standar elemen akreditasi Internasional (Bintang Enam).

Highlight RS Awal Bros Panam:

1. Patient Central

Tolak ukur RS Awal Bros Panam, yaitu melakukan pengukuran tingkat kepuasan pasien setiap bulannya untuk menilai angka kepuasan pasien dan pelanggan. Hal ini dilakukan untuk menampung kebutuhan dan keinginan pelanggan dengan harapan keinginan seluruh pelanggan rumah sakit mampu diwujudkan. Pasien yang puas merupakan aset yang sangat berharga saat ini.

Untuk dapat menciptakan dan memperoleh kepuasan pelanggan RS Awal Bros Panam selalu menciptakan sebuah sistem, agar memperoleh kepercayaan pasien dan mampu menciptakan loyalitas pasien yang sudah terbentuk selama ini, yaitu dengan membangun komunikasi dua arah meliputi komunikasi internal dan eksternal.

2. Upgrading Facility and Professional Staff

Peningkatan Berkelanjutan dalam pelayanan kesehatan baik dengan penambahan fasilitas umum, fasilitas kesehatan, peralatan medis, penambahan dokter spesialis yang berpengalaman dan juga peningkatan kompetensi setiap karyawan merupakan kunci dari partisipasi yang terus dibuktikan oleh RS Awal Bros Panam, demi kemajuan perkembangan pelayanan kesehatan yang mengutamakan keselamatan pasien.

Dalam waktu 6 bulan di tahun 2019 ini, RS Awal Bros Panam telah melakukan pengembangan layanan HD dari 9 menjadi 15 tempat tidur, penambahan layanan, yaitu pusat stroke, tumbuh kembang, hioboterapi, penambahan Poliklinik dokter spesialis dan masih banyak lainnya. Tercatat ada 59 dokter spesialis yang tergabung di RS Awal Bros Panam yang siap memberikan pelayanan Prima kepada setiap pasien dan keluarga pasien.

3. High Tech and Digital Oriented

RS Awal Bros Panam juga sudah menggunakan Elektronic Medical Record dan Resep Elektronik, dalam pemeriksaan laboratorium teknologi LIS (Laboratory Information System) adalah seperangkat software yang digunakan di laboratorium untuk mempermudah dalam proses pelayanan pelanggan dan pengolahan data.

Sedangkan dalam pemeriksaan penunjang radiologi teknologi PACS (Picture Archiving and Communication System) adalah filmless dan metode komputerisasi komunikasi dan menyimpan data gambar medis, seperti computed radiographic, digital radiographic, computed tomographic, ultrasound, fluoroscopic, magnetic resonance dan foto X-ray, yang keseluruhan teknologi canggih ini agar tujuan patient safety and patient satification.

4. Focus Employee

Di era milenial pelayanan jasa ataupun service merupakan pelayanan yang berkesinambungan dan mengutamakan kemampuan, keterampilan dari setiap karyawan dan petugas medis. Untuk itu hal ini menjadi tolak ukur yang diperhatikan oleh manajemen. RS Awal Bros Panam juga melakukan berbagai program dalam memastikan setiap karyawan dapat mencurahkan gagasan dan kreatifitasnya sehingga setiap karyawan mampu mencapai level maksimal.

Harapan RS Awal Bros Panam, menjadi rumah sakit kebanggan masyarakat Riau dan merupakan bagian dari grup rumah sakit besar di Indonesia. Saat ini telah terdapat 14 RS Awal Bros di Indonesia, 4 diantaranya telah terakreditasi Internasional oleh lembaga JCI (Join Commission Accreditation) dan RS Awal Bros Panam yang juga meraih predikat Akreditasi Internasional. (rls)