DUMAI - Dari awal tahun 2019 hingga saat ini terdapat 304,75 hektare lahan terbakar di Dumai, tim Satgas Darat Karlahut masih melakukan pemadaman dan pendingan area yang terbakar.

Dikatakan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Dumai, Afrilagan, hingga saat ini terdapat penambahan karlahut di kota Dumai .

"Di kelurahan Basilam Baru terdapat 20 hektare, dan di jalan Mulia Baru RT 13 kelurahan Bukit Timah 1 hektare" kata Afrilagan melalui sambungan Whatsaap, Senin (5/8/2019).

Untuk dilokasi di Kelurahan Basilam Baru, pihak TNI Polri, RPK PT SDP dan RUJ bersama pihak pihak terkait lainnya sudah melakukan pemadamam dan akan dilanjutkan esok hari.

"Sedangkan untuk di Bukit Timah, sedang dilakukan pendinginan area yang terbakar dan juga dilakukan pembuatan embung dengan menggunakan dua alat berat milik PUPR Kota Dumai," katanya.

Untuk lahan yang berada di jalan Perjuangan Kecamatan Dumai Selatan, dikatakannya juga tengah dilakukan pendinginan hari ke empat dilahan milik masyarakat oleh pihak yang terkait.

"Yang menjadi kendala dalam melakukan pemadaman dan pendinginan area yang terbakar masih terkait minimnya sumber air," katanya kembali.

Selain itu, pihaknya juga menghimbau kepada pihak kelurahan serta kecamatan dan juga masyarakat untuk mewaspadi munculnya titik api baru, dikarekanan perkiraan BMKG cuaca Dumai panas tinggi pada bulan Agustus. ***