TOKYO -  Tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung akan menghadapi wakil Belgia, Lianne Tan dalam laga penentuan Grup M cabang bulutangkis Olimpiade 2020 Tokyo yang akan digelar di Musashino Sport Plaza, Tokyo, Jepang, Rabu (28/7/2021). Sebelumnya, Grego panggilan Gregoria meraih kemenangan 21-11, 21-8 atas Thet Htar Thuzar (Myanmar), Minggu (25/07/2021).

Tan dua kali tampil di Olimpiade, yakni di London 2012 dan Rio de Janeiro 2016. Hasilnya  kurang bagus, tetapi dengan pengalaman itu, mental pebulutangkis Belgia ini teruji. Selain itu pemain berusia 30 tahun ini pernah meraih medali emas Kejuaraan Junior Eropa 2009 dan beberapa gelar tur challenger.

Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Rionny Maninaky mengaku tak meragukan kemampuan Grego. Menurut mantan pelatih tim ganda putri nasional Jepang itu, persiapan yang dilakukan Grego, 21 tahun,  sudah bagus. Dari laga pertama, Rionny melihat atlet peraih emas Kejuaraan Dunia Junior 2017 itu punya trik-trik jitu di lapangan.

Meski demikian Rionny tetap memberikan pesan khusus kepada Grego. Dia meminta tunggal putri Indonesia ini melakukan pemanasan yang baik dan menjaga ketenangan.

”Cuma, saya ingin tekankan, di hari H itu Grego harus melakoni pemanasan yang cukup dan menjaga ketenangan,” kata Rionny, yang tak lain adalah kakak dari Rexy Mainaky, peraih emas ganda putra Olimpiade 1996 Atlanta.

Bagi Rionny, bukan hanya strategi, teknis, dan persiapan saja yang perlu digenjot atlet. Warming-up jelang pertarungan pun penting sebagai upaya menjaga kondisi. Dan, faktor ketenangan saat memasuki arena, penting untuk mengondisikan mental dan ritme pertandingan.

“Jadi menciptakan suasana jelang tanding itu memang harus diciptakan sebaik mungkin dan terus dijaga agar tetap bagus. Ini faktor penting buat menunjang penampilan bertanding,” tuturnya.

Soal arena pemanasan, menurut Rionny, memang terkadang hanya mendapat jatah satu lapangan. Ia menilai kurang, tetapi di saat lain di hari bisa menggunakan lapangan lain yang sedang kosong sehingga secara keseluruhan tak terlalu bermasalah. Sebagai informasi, arena di Musashino menyediakan tiga lapangan untuk pemanasan jelang pertandingan. ***